20 April 2016
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta mengadakan perayaan Dies Natalis ke-35 dan Lustrum ke-7 dalam sidang terbuka yang berlangsung di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (20/04/2016).

Sidang Terbuka ini dihadiri oleh Ketua Senat Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S dan dihari oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit , Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Drs. Ganefri, MT, Ph.D, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Yunazar Manjang Periode 2004-2008, Badan Pendiri, Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, pimpinan struktural Universitas Bung Hatta, guru besar, senat universitas, dosen, tenanga kependidikan da mahasiswa Universitas Bung Hatta serta tamu undangan.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA mengatakan pada 20 April 2016 hari ini Universitas Bung Hatta genap berusiap 35 tahun. Banyak yang telah dicapai dalam 30 tahun kedua tahap pengembangan universitas ini. Selama lima tahun terakhir telah melakukan banyak perkembangan baik bersifat fisik seperti pembangunan fasilitas perkuliahan di Kampus Proklamator II sebagai kampus yang modern dan terpadu serta pengembangan siistem informasi terintegrasi.

Kemudian pengembangan non fisik juga dilakukan dalam bidang peningkatan mutu akademik seperti reakreditasi program studi, perbaikan kurikulum berbasis KBK-KKN dan BSNP, peningkatan kualifikasi dosen serta penigkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Telah banyak capian-capaian program kerja yang telah diraih, namun masih banyak perbaikan dan upaya peningkatan performansi yang perlu dilakukan sehingga Universitas Bung Hatta dapat mencapai tingkat excellent teaching university yang unggul dan bermartabat menuju istitusi pendidikan berkelas dunia,” sebutnya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc menyebutkan perjalanan 35 tahun Universitas Bung Hatta bukanlah perjalanan yang singkat, telah banyak memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam pengelolan dan penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Universitas Bung Hatta yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Bung Hatta sudah sejak awal berusaha mengingkatkan jumlah dan kualitas dosen tetap yang telah memenuhi standar minimal pendirian program studi dan semuanya telah terpenuhi, begitu juga dengan rasio dosen dan mahasiswa hingga menyediakan prasarana dan sarana pendukung,” sebutnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Drs. Ganefri, MT, Ph.D mengucapkan selamat kepada Universitas Bung Hatta yang merayakan hari jadinya yang ke-35 tahun. Kehadiran Universitas Bung Hatta telah banyak membantu banyak melahirkan cendikiawan dari lulusannya yang telah membantu dalam pembangunan baik di tingkat provinsi hingga nasional.

Sekarang ini telah mengalami pergeseran dalam perkembangan perguruan tinggi yang dulu sebagai agen pendidikan dan riset, kini bergeser menjadi agen pengembangan ekonomi dengan melahirkan inovasi-inovasi dan memiliki nilai tambah. Terkait hal itu Universitas Bung Hatta dapat melakukan inovasi dan terus meningkatkan kualitasnya sehingga diharapkan dapat terus menjadi perguruan tinggi yang terbaik dan kesepannya dapat masuk 100 beser perguruan terbaik nasional,”imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit mengucapkan terima kasih kepada Universitas Bung Hatta yang telah melahirkan banyak lulusannya dan telah berkiprah dalam pemerintahan. Lulusan teknik saat ini banyak dibutuhkan oleh pemerintah Sumatera Barat terutama terkait dalam pengembangan sektor pariwisata. Untuk itu peran perguruan tinggi seperti Universitas Bung Hatta sangat dibutuhkan.

“Para mahasiswa diharapkan bisa membuka peluang usaha sendiri dan tidak terfokus untuk mengejar pekerjana menjadi PNS. Peluang berwiraswasta sangat banyak di Sumatera Barat sehingga para mahasiswa ketika telah wisuda dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Selain itu perlu juga tingkatkan kemampuan bahasa Inggris agar dapat bersaing dengan yang lainnya,” pesannya.

Dalam sidang senat terbuka ini juga diadakan orasi ilmiah oleh Diana Citra Hasan, M.Hum, M.Ed, Ph.D dosen jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta yang berjudul Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): Tantangan dan Peluang bagi Bangsa Indonesia melalui Penguasaan Bahasa Inggris.

Berlangsung penandatanganan MoU antara Universitas Bung Hatta dan Saveetha Universty, Chennai, India langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA dan Vice Chanchellor Saveetha Universty Prof. Dr. L. Jawahar Nesan.

Selain itu terdapat penyerahan penghargaan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, ketua jurusan dan mahasiswa berprestasi Universitas Bung Hatta tahun 2016. (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 499 kali

Navigation

Social Media