22 April 2016
Bunghatta.ac.id. Untuk menghadapi globalisasi saat ini yang semakin deras, pengembangan kompetensi tenaga kerja di sektor jasa konstruksi merupakan hal yang mutlak. Tenaga kerja konstruksi harus mempunyai kompetensi yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi kompetisi global khususnya untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean.

Melihat hal tersebut Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta menyelenggarkan Seminar Nasional Jasa Konstruksi bertajuk Chance, Challenge, and Endurance in The Future yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (21/04/2016).

Ketua pelaksana Makruf menyampaikan Pembinaan dan pemberdayaan SDM konstruksi melalui seminar mapun pelatihan perlu dilakukan dalam rangka mempersiapkan SDM konstruksi Indonesia untuk menghadapi kompetisi global yang akhirnya dapat meningkatkan daya saing tenaga kerja konstruksi Indonesia.

“Dengan seminar ini berfokus Mengenal dunia jasa konstruksi dan berbagai peluang, tantangan, dan ketahanannya. Peserta juga dapat menjadi mahasiswa yang memiliki daya saing tinggi di dunia jasa konstruksi di masa yang akan datang serta memiliki sikap komitmen dan konsisten terhadap bidang ilmu yang digeluti. Semoga para peserta dapat memahami ilmunya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Rahmat Jordi Triawan, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengatakan Seminar Nasional Jasa Konstruksi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 3D MAX FTSP 2016 dan kegiatan ini menjadi bagian dari program kerja BEMM dan diharapkan menjadi agenda rutin tiap tahunnya.

“Seminar ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa FTSP agar lebih mengetahui bidang ilmu jasa kontrusksi sehingga lulusan FTSP memang fokus bergerak di dunia jasa konstruski,” ujarnya.

Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Ir. Nasril S, MT dalam sambutan pembukaannya mengatakan seminar ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam menyiapkan lulusan FTSP yang siap bersaing di dunia kerja terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

Seminar ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Putut Marhayudi Kepala Bidang Regulasi dan Perizinan Pusat Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Kemenpudanpera mengenai Jasa Konstruksi, Peluang, Tantangan, dan Ketahannnya Di Masa Depan, Prof. Dr.Ir.Nafrizal Carlo,M.Si guru besar Teknik Sipil Universitas Bung Hatta seputar How To Create Great Leaders (Students) In The World of Construction Services dan Bakhril Sony, ST pengusaha yang bergelut dibidang jasa konstruksi tentang Endurance and Human Resource Development In The World Of Construction Services.


Kegiatan 3D MAX FTSP 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakutlas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta ini terdiri dari kegiatan seminar nasional,lomba desain, olahraga, latihan kepemimpinan, bazar dan pagelaran musik selama seminggu dari 14 April hingga 24 April 2016 mendatang.

M. Ihsan Akbar A. E, ketua pelaksana menyampaikan kegiatan 3D MAX FTSP 2016 ini yang mempunyai makna mahasiswa harus bisa melakukan (Do) suatu hal yang berbeda (Different) untuk meraih mimpi-mimpi (Dreams) dengan semaksimal mungkin (Maximal).

Kegiatan dirancang khusus untuk kegiatan yang bersifat ilmiah dan kreativitas mahasiswa yang pada intinya kegiatan tersebut mengajak mahasiswa dan berbagai pihak yang terkait untuk berkreasi dan mengasah potensi diri di bidang akademik dan minat bakat.

“Terdapat 5 rangkaian kegiatan dalam 3D MAX FTSP 2016 yaitu Seminar Nasional Komunikasi, Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar, 3D MAX Futsal Competition, Seminar Nasional Jasa Konstruksi, Eco-Green Building Design Competition dan Engineering Corner,” sebutnya.

Rahmat Jordi Triawan, Gubernur Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan 3D MAX FTSP 2016 yang merupakan bagian dari program kerja BEMM dan diharapkan menjadi agenda rutin tiap tahunnya.

“Dengan adanya kegiatan 3D MAX FTSP 2016 dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa, dan bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk melatih diri, mengurus sebuah kegiatan atau organisasi di dalam kelembagaan mahasiswa Universitas Bung Hatta . Tidak hanya itu, dapat juga menjadi sarana untuk mengembangkan softskills mahasiswa yang berguna kelak saat tamat kuliah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si saat membuka acara ini menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan BEMM FTSP Universitas Bung Hatta ini karena dengan kegitan semacam ini sebagai upaya dalam mempersiapkan diri untuk bisa berbakti di masyarakat. Sebagai mahasiswa memang dituntut untuk memiliki keterampilan tidak hanya di bidangnya, tapi harus memiliki kemampuan memimpin, berorganisasi hingga berwirausaha.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan yang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya dan hal ini sangat penting karena mahasiswa ini kelak akan menjadi seorang pemimpin masa depan,” sebutnya.

Usai pembukaan kegiatan 3D MAX FTSP 2016 ini dilanjutkan dengan Seminar Nasional Komunikasi How to Be A Man with Your Good Communication yang berlangsung di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Prolamator I Universitas Bung Hatta.

Dengan menghadirkan 3 narsumber yaitu Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si seputar Man to Development Communication, Prof.Dr.Ir. Melinda Noer, M.Sc akademisi Universitas Andalas mengenai Man to Man Communication dan Kepala Dinas PU Kota Padang Ir. Fatriarman Noer, M.Eng.Sc tentang How to be a Man (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 421 kali

Navigation

Social Media