13 September 2018
Bunghatta.ac.id. Penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Bung Hatta di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2017 menarik perhatian dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) untuk mengidentifikasi potensi dan kendala pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Sebagai destinasi wisata bahari, kegiatan snorkeling dan diving merupakan magnet utama bagi turis mancanegara datang ke Sungai Pinang. Lokasi yang tahun 2018 ini dapat diakses dengan baik memberi peluang besar untuk promosi dan pengembangan ekonomi wisata bahari. Konsekuensinya, intensitas aktivitas pada ekosistem terumbu karang semakin meningkat. Karena itu ekosistem terumbu karang perlu dijaga kelestariannya.

Dr.Ir. Suparno, M. Si., Pakar Biologi Laut Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Bung Hatta bersama tim LPPM berhasil memenangkan dana Hibah Program Kemitraan Masyarakat dari Kemristekdikti tahun 2018 untuk pengembangan berkelanjutan wisata bahari Nagari Sungai Pinang.

Dr Suparno yang berpengalaman luas dalam penelitian terumbu karang dibantu oleh Anggota Tim, Dr. Ir. Abdullah Munzir, M. Si., dari Prodi Budi Daya Perairan (BDP) FPIK dan Karmila Suryani Suryani S.Kom, M.Kom dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Implementasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin Dr. Suparno mendapat sambutan antusias dari berbagai elemen stakeholders mencakup core stakeholder, yaitu masyarakat mitra kerja yang dikoordinir David S.Pi (alumni FPIK), kalangan birokrat yakni Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Selatan dan unsur legislatif yakni Meni Mardanus, S.Pi, anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, yang juga adalah alumni FPIK.

Dr. Abudullah Munzir yang juga berpengalaman sebagai Team Leader Penyusunan Renstra Manajamen Terumbu Karang Sumbar tahun 2005 menjelaskan bahwa tujuan kegiatan PKM tahun 2018 ini adalah untuk meningkatkan kunjungan wisataman dengan membangun lokasi transplantasi karang untuk atraksi snorkeling dan diving; keterampilan manajemen mitra melalui pelatihan manajemen dan pembukuan keuangan sederhana; strategi pemasaran melalui pembuatan website mitra dan pelatihan pemasaran wisata bahari. Anggota Tim lainnya yaitu Karmila Suryani, S.Kom, M.Kom telah berkontribusi dalam kegiatan pelatihan manajemen Web sekaligus launching Website Wisata Bahari Nagari Sungai Pinang, di posting dengan domain www.wisatasungaipinang.com. Suryani menjelaskan bahwa website ini adalah sebagai salah satu sarana untuk promosi wisata bahari Sungai Pinang.
(Rio)

Dilihat 966 kali

Navigation

Social Media