18 September 2018
Bunghatta.ac.id. Kreatif! Di tengah rendahnya minat baca sebagian mahasiswa, para mahasiswa dari lintas jurusan ini membuka Lapak Baca Pinggir. Sebagaimana slogannya, komunitas yang diberi nama Lapak Baca Pinggir ini dikemas dengan memanfaatkan pinggir jalan masuk di Kampus II Aia Pacah untuk menjejalkan berbagai buku yang dapat dipilih untuk dibaca secara gratis.

Di lapak buku itu, tersedia buku-buku, mulai dari sastra, budaya, biografi, sejarah, dan pendidikan, yang dapat dibaca oleh para mahasiswa lain saat waktu senggang, setelah atau menjelang perkuliahan. Buku-buku yang menjadi koleksi Lapak Baca Pinggir diperoleh dari para relawan dan sumbangan dari komunitas baca lainnya.

Memang, di Lapak Baca Pinggir, jumlah buku yang tersedia masih belum begitu banyak. Bagi para civitas akademika dan Bung Hatta Muda yang tertarik berkunjung atau bahkan berbagi buku untuk menambah koleksi bacaan, dapat mengunjungi lapak baca tersebut.

Peran komunitas literasi semacam ini patut diacungi jempol. Sebab, komunitas literasi merupakan perpanjangan tangan dari agen pendidikan secara ekternal. Selain menggalakkan aksi baca, komunitas non-profit ini peduli dengan kegiatan diskusi-diskusi ringan seputar kejadian dan persoalan terkini, yang tujuannya membuka wawasan dan merangsang cara pandang agar berpikir kritis. Bahkan, komunitas ini juga menyelenggarakan kegiatan bedah buku dan film, tanpa mengharapkan imbalan apapun atau bersifat bisnis. (Rio)

Dilihat 958 kali

Navigation

Social Media