28 September 2018
Bunghatta.ac.id. Jumat (28/9), di Balairung Caraka Gedung B Kampus I, Universitas Bung Hatta, dalam rangka meningkatkan pelayanan prima dan perubahan demi kemajuan universitas, civitas akademika Universitas Bung Hatta mengikuti seminar motivasi bersama trainer coach motivator, Arlin Teguh A. Kegiatan ini diberi tema, "Leading Trough VUCA; Tetap Eksis dan Bertumbuh di Era VUCA."

Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Badan Pengurus YPBH, H. Masri Hasyar, S.H., Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Dr. Ir. Hendrino, M. Sc., Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A., Wakil Rektor I, Dr. Hendra Suherman, M.T., Wakil Rektor II, Dra. Susi Herawati, M. Pd., Wakil Rektor III, Dr. Diana Kartika, para dekan, ketua prodi beserta sekretaris, dosen, dan seluruh kepala bagian di selingkungan Universitas Bung Hatta.

Istilah VUCA itu sendiri merupakan singkatan dari volatile, uncertain, complex, ambiguous. Artinya, keempat kata ini dirumuskan sebagai gejala lingkungan yang menuntut individu untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan berkelanjutan yang tidak dapat diprediksi dan di luar kendali. Kemudian, lingkungan mengharuskan individu untuk bertindak tanpa kepastian. Terdapat lingkungan yang dinamis, tetapi banyak interpendensi. Terdapat lingkungan yang tidak dikenal, di luar keahlian individu. Oleh sebab itu, sebut Arlin lebih lanjut, VUCA yang semula berarti demikian, dapat diubah dengan VUCA yang bermakna: visi yang berorientasi kepada nilai-nilai, pemahaman yang berorientasi kepada kesatuan, kejelasan yang berorientasi kepada kapasitas dan kemampuan, kelincahan yang berorientasi kepada kemampuan beradaptasi. "Jika ingin maju, harus ada perubahan yang membawa kemajuan, bukan lagi mempertahankan kerangka berpikir yang lama,"sebut Arlin.

Bersama Arlin Teguh H, seluruh civitas akademika Universitas Bung Hatta yang hadir pada kesempatan itu, mengikuti penuh semangat dan gembira. Sebab, kegiatan ini tidak semata penyampaian materi, tetapi juga dilengkapi dengan senam yang dapat menumbuhkan fokus dan gairah dalam bekerja.

Setelah kegiatan berlangsung, Ketua Badan Pengurus YPBH bersama Rektor Universitas Bung Hatta menyerahkankan cenderamata kepada Arlin Teguh A, lantas dilanjutkan dengan foto bersama. (Rio)

Dilihat 611 kali

Navigation

Social Media