11 Oktober 2018
Bunghatta.ac.id. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) merupakan salah satu dari tujuh fakultas yang berada dalam lingkup Universitas Bung Hatta, mendapatkan nilai Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional, Perguruan Tingggi (BAN-PT) untuk ke dua program studi. Kedua Prodi itu antara lain Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) dan Budi Daya Perairan (BDP).

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta punya sejarah tentang “Nilai Akreditasi A” yang diperolehnya. Karena di era 1990-1994, Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) pernah mendapat Nilai Akreditasi A dari BAN-PT di bawah pimpinan Dekan Prof. Ir. Dr. Suardi, M.S.

Di bawah koordinasi Dekan FPIK, Ir. H. Mas Eriza, MP, saat ini, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan kembali memperoleh Akreditasi “A” untuk ke dua program studi itu. Baik itu pada Program Studi PSP yang digawangi oleh Bukhari, S.Pi, M.Si maupun Program Studi BDP di bawah komandoi oleh Dra. Elfrida, M.S, Apt.

Tentu keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama semua tim yang terlibat. Mulai dari Ketua Jurusan, Wakil Dekan, Tata Usaha, para dosen dan para mahasiswa serta para alumni yang sudah berkiprah di dalam dan di luar negeri.

Penilaian ini tidak lepas dari visi misi, tata pamong, kemahsiswaan, SDM, kurikulum dan suasana akademik, pendanaan, sarana dan prasarana, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama nasional dan internasional.

Acara syukuran ini dibuka dengan pembacaan doa oleh Ustad Dr. Muslim Tawakal, lalu dilanjutkan kata sambutan oleh Dekan FPIK UBH, Ir. H. Mas Eriza, MP. Dekan menyampaikan bahwa semua keberhasilan ini adalah atas kerja keras dan kesungguhan tim dalam menyusun dokumen, bukti-bukti serta adanya jembatan hati yang telah terbangun diantara civitas akademika FPIK dan UBH.

Selanjutnya, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A., yang hadir pada acara syukuran tersebut juga terus memotivasi dan mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus mengembangkan ilmu dan wawasan.

Ke depan, FPIK UBH diharapkan semakin diminati oleh semua lapisan masyarakat untuk menghantarkan anaknya untuk dididik belajar di Univeritas Bung Hatta. Terutama di kedua prodi yang telah mendapatkan nilai Akreditasi A.

"Untuk mendapatkan peringkat Institusi Universita Bung Hatta menjadi A, minimal 30 % dari prodi yang ada di Univeritas Bung Hatta nilainya A. Tentu ini tidak lepas dari semangat kebersamaan dan komitmen di antara kita dengan semboyan kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntas.

Dalam kesempatan yang sama juga ditegaskan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Univeristas Bung Hatta, H. Masri Masyar, SH yang terus menyampaikan bahwa komunikasi yang bagus dan informasi yang jelas serta koordinasi yang baik dan berkelanjutan akan melahirkan inovasi-inovasi oleh semua civitas akademika, untuk kepenting kita semua, bangsa dan negara. Bahkan inovasi dan penemuan-penemuan terbaru dari para dosen dan mahasiwa Universitas Bung Hatta untuk diperkenalkan dan dimanfaatkan secara nasional dan oleh dunia internasional.

Pada kesempatan yang sama sebagai lembaga pemerintahan Dinas Kelautan Propinsi (DKP) Sumatera Barat juga meminta adanya inovasi baru dari para dosen dan mahasiswa dalam menjawab tangan dan masalah. Misalnya tentang alat tangkap yang ramah lingkungan, sistem budidaya yang efesien dan produktif, serta produksi benih ikan komoditas lokal yang perlu kita kembangkan untuk dilirik oleh masyarakat secara nasional dan internasional.

Seiring dengan visi menuju univeristas berkelas dunia, maka pendakatan-pendekatan terkait pengembangan ilmu pengetahuan, informasi dan publikasi serta kerjasama internasional harus kita mulai. Begitu hantaran Kuliah Umum yang di sampaikan oleh Prof. Dr. Mukhtar Ahmad, M.Sc.

Beliau menjelaskan merujukan pada sebuah buku yang terbit pada 1776, tentang “efficiency and improvement” (efisiensi dan peningkatan). Kita dapat memahami sifat dan sebab suatu bangsa menjadi besar.

Pada bidang akademik, bisa dikembangkan penelitian ikan-ikan/biota langka yang bisa didomestifikasi. Juga dapat melahirkan ikan-ikan yang berukuran besar dapat mencapai bobot 70 kg, dalam proses budidaya yang dekat dengan masyarakat.

Selanjutnya, dijelaskan ada tiga hal penting, salah satunya yang menjadi perhatian, adalah “spesialisasi”. Dua ratus (200) tahun berikutnya era 1975an, versi yang berbeda keinginan sebuah bangsa/institusi untuk masuk kelas dunia, harus memiliki semangat “need of achievement” (kebutuhan akan prestasi).

Acara ini dihadiri oleh seluruh staf dosen, unsur pimpinan dari Universitas Bung Hatta, unsur pimpinan Yayasan Pendidikan Bung Hatta, para mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, para alumni, dinas terkait, para dekan/wakil dekan/direktur/ketua dari semua unit di Univeritas Bung Hatta.

Kegiatan penutup syukuran, doa, dan kuliah umum adalah penyerahan penghargaan untuk mantan Dekan FPIK yang dapat datang dan berkumpul bersama dalam acara Syukuran, Doa dan Kuliah Umum diantara ; Prof. Dr. Mukhtar Ahmad, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Suardi MS, MS, Ir. Arlius, MS. Ph.D, Dr. Abdullah Munzir, MS, Ir. Yempita Efendi, MS, yang diserahkan secara langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta didampingi oleh Dekan FPIK. Ir. H. Mas Eriza, MP. Acara Syukuran, Doa dan Kuliah Umum ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan makan bersama di Ruang Caraka Gedung B, Universitas Bung Hatta.

Dilihat 201 kali

Navigation

Social Media