11 Oktober 2018
Bunghatta.ac.id. Setelah dilaksanakannya Monev internal untuk PKM Dikti beberapa waktu lalu, kali ini, monev penugasan program penelitian di perguruan tinggi 2018 dilaksanakan oleh LPPM Universitas Bung Hatta (9/10) di ruang sidang rektor, kampus 1 Universitas Bung Hatta.

Pelaksanaan monev yang dilakukan oleh perguruan tinggi dan laporannya telah dikirim ke DRPM melalui sistem Simlitabmas. Berdasarkan data hasil monev internal perguruan tinggi, DRPM melalui LPPM Universitas Bung Hatta menugaskan tim pakar sebagai reviewer untuk melalukan monitoring dan evaluasi terhadap 36 judul penelitian tahun I, II, dan III dari berbagai skema penelitian yang diperoleh Universitas Bung Hatta untuk tahun ini.

"Program monev Universitas Bung Hatta ini diharapkan dapat menjamin bahwa penelitian yang dilakukan sesuai dengan rencana dengan mengedepankan unsur kualitas dan publikasi. Selanjutnya, hasil monev ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan atau menghentikan pelaksanaan penelitian multitahun berdasarkan hasil evaluasi oleh DRPM. Lebih dari itu, hasil monev pelaksanaan penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan dan mengevaluasi program yang ada agar dapat diperbaiki atau ditingkatkan kualitas hasil kerja di masa mendatang,"ujar Ketua LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Ir. Abdullah Munzir, M.Si.

Metode pelaksanaan monitoring dan evaluasi dilaksanakan melalui wawancara dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengacu kepada borang monitoring dan evaluasi yang tersedia dalam skema penelitian disentralisasi dan penelitian kompetitif nasional. Berdasarkan perolehan informasi dalam bentuk tanya jawab itu, tim pemonev memasukkan data hasil penilaian ke aplikasi monev penelitian yang tersedia pada sistem Simlitabmas dan menyusun laporan hasil monev program penelitian di perguruan tinggi.

Kemudian, monev program penelitian di Universitas Bung Hatta tahun ini dilakukan oleh pakar yang ditunjuk dan dikoordinasikan oleh LPPM Universitas Bung Hatta, yaitu Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S., (Universitas Bung Hatta) dan Prof. Dr. Dahelmi, M.S., (Universitas Andalas).

Pada monev ini, peneliti dengan skema penelitian yang terdata, antara lain Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (3 orang), Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (3 orang), Penelitian Berbasis Kompetensi (1 orang), Penelitian Disertasi Doktor (5 Orang), Penelitian Strategis Nasional Institusi (9 orang), Penelitian Dosen Pemula (15 orang), dan penelitian dari Universitas Nahdatul Ulama Sumatra Barat (7 orang).

Wakil Rektor I, Dr. Hendra Suherman, M.T., mengucapkan apresiasi yang baik terhadap kinerja para dosen Universitas Bung Hatta karena telah mencapai tahap 70%. Dalam tahap monev eksternal selanjutnya, diharapkan segala laporan dan perjanjian sebagaimana yang termaktub dalam kontrak penelitian dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Ke depan, diharapkan lebih meningkatnya jumlah proposal yang diajukan para dosen ke Dikti demi meningkatkan kualitas dan kuantitas riset para dosen Universitas Bung Hatta yang semakin dinamis.

Dilihat 422 kali

Navigation

Social Media