22 Nopember 2018
Bunghatta.ac.id. Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S., Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Bung Hatta lahir di Pangian, 20 Januari 1960. Beliau menamatkan pendidikan (S1) di Universitas Riau, Bidang Ilmu Manajemen Sumberdaya Perairan tahun 1980-1984 dengan judul penelitian "Pengaruh Umpan terhadap Hasil Tangkapan Alat Trap-net". Kemudian, ia menamatkan pendidikan (S2) di IPB Bogor, bidang ilmu Biologi Reproduksi tahun 1990-1992 melalui judul riset "Biologi dan Reproduksi Ikan Bilih". Pendidikan Doktoral beliau diselesaikannya di IPB Bogor dengan bidang ilmu Biologi Reproduksi tahun 1993-1996 melalui judul riset "Aspek Reproduksi Ikan Bilih dan Kemungkinan Pembenihannya di Danau Singkarak".

Berbagai prestasi yang diraihnya dalam bidang penelitian di tingkat nasional, seperti Penelitian Hibah Bersaing, Penelitian Hibah Kompetensi, Penelitian Strategis Nasional, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Insentif Riset Inovasi Nasional (SINas), Penelitian Fundamental, Riset Inovatif-Produktif (RISPRO) Implementatif, Penelitian Terapan Unggulan PT sejak tahun 2009 hingga 2018.Tidak hanya itu, 36 riwayat kerja sama di bidang penelitian lain yang pernah ia lakukan sejak 2001 hingga 2018.

Kemudian dalam hal pengabdian masyarakat, beliau juga memenangkan Kerja Sama PT PLN (Persero) Sektor Bukittinggi dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Bukittinggi dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Tanah Datar dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Dinas Perikanan Kab. Lima Puluh Kota dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Hibah KemenristekDikti, Kerja sama Kenagarian Mungo Kec. Luak Kab. Lima Puluh Kota dengan LPPM Universitas Bung Hatta.

Ia juga banyak terlibat di berbagai pertemuan ilmiah, seperti 2nd International Seminar of Fisheries and Marine Managing Aquatic Resources Toward Blue Economy, Workshop Pengelolaan Danau di Indonesia, Seminar Nasional Tahunan XI Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan, Seminar Nasional V Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Seminar Internasional Pada Lake World Conference ke-16 di Bali.

Karya-karya beliau dalam penulisan buku antara lain Ikan Bilih, Raja Kecil di Danau Singkarak (Bung Hatta University Press, 2006), Pengelolaan Budidaya Ikan di Perairan Umum (Bung Hatta University Press, 2008), Konservasi dan Rehabilitasi Sumberdaya Alam (2007), Domestikasi dan Teknologi Reproduksi Ikan (Bung Hatta University Press, 2010), Buku Indikasi Geografis Ikan Bilih Danau Singkarak (Kerja Sama dengan Dinas KKP Sumbar 2011), Gerakan Penyelamatan Danau Singkarak (Kerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup RI, 2013), Gerakan Penyelamatan Danau Maninjau (Kerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup RI, 2014)

Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, M.S mengajar pada tingkat S1 dan Pascasarjana. Adapun matakuliah yang diampu, antara lain Biologi Perikanan(S1), Managemen Teknologi Pembenihan Ikan (S1), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (S1 dan S2), Teknologi Budidaya Perikanan (S2), Konservasi Sumberdaya Perairan (S2), dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya pakar terbaik berskala nasional ini, tentunya para mahasiswa Universitas Bung Hatta, terutama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) patut berbangga karena dididik oleh dosen terbaik yang memiliki segenap prestasi dalam berbagai bidang. Apalagi FPIK Universitas Bung Hatta berhasil meraih akreditasi A pada semua program studinya. (Rio)

Dilihat 2225 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media