30 Nopember 2018
Bunghatta.ac.id. Dr. Azrita, S.Pi., M.Si., lahir di Palembang, 31 Juli 1975. Sepak terjang Doktor lulusan Universitas Andalas ini di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat patut diacungi jempol. Sejak tahun 2009 hingga 2018, ia telah banyak memenangkan hibah penelitian dan pengabdian di Kemenristekdikti.

Di antara hibah penelitian yang pernah diraihnya, antara lain Penelitian Hibah Bersaing Multitahun, Penelitian Hibah Kompetensi, Penelitian Strategis Nasional Multitahun, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, Insentif Riset Inovasi Nasional (SINas), Penelitian Fundamental Mutitahun, Riset Inovatif - Produktif (RISPRO) Implementatif, Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Multitahun.

Kemudian daripada itu, track record Dr. Azrita di bidang pengabdian sejak tahun 2003 hingga 2017, antara lain Kerja Sama PT PLN (Persero) Sektor Bukittinggi dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Kenagarian Mungo Kec. Luak Kab. Lima Puluh Kota dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Hibah KemenristekDikti, Kerja Sama Dinas Perikanan Kab. Lima Puluh Kota dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Tanah Datar dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Bukittinggi dengan LPPM Universitas Bung Hatta, Kerja Sama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dengan LPPM Universitas Bung Hatta.

Tidak hanya itu, 34 kerja sama regional juga pernah dirintisnya sejak tahun 2001 hingga 2018. Belum lagi, pengalamannya sebagai pemakalah secara pada pertemuan atau seminar ilmiah ke berbagai acara, seperti Seminar Nasional Limnologi V di IPB International Convention Center, Forum Perairan Umum Indonesia Ke-8 di Hotel Jaya Daira Palembang, Seminar Nasional Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Pertemuan Ilmiah Tahunan Masyarakat Limnologi Indonesia oleh Organisasi Profesi Ilmiah Masyarakat Limnologi Indonesia-Pusat Penelitian Limnologi LIPI, dan masih banyak puluhan kegiatan lagi.

Bukunyq di tahun 2010 dengan judul Pengelolaan Sumberdaya Perairan Umum Daratan oleh Bung Hatta University Press. Di 2014, Buku keduanya berjudul Teknologi Tepat Guna Pembenihan Ikan Bujuk (Channa lucius, CHANNIDAE) Pada Bak Beton oleh Bung Hatta University Press. Tahun 2018, terbit bukunya yang berjudul Biologi Reproduksi Channa lucius, CHANNIDAE oleh LPPM Universitas Bung Hatta. Masih di tahun yang sama, bukunya yang berjudul Media Pembelajaran Lingkungan berbentuk Komik “Danau Maninjau Membuat Risau oleh LPPM Universitas Bung Hatta.

Universitas Bung Hatta turut berbangga dengan segenap prestasi dosen-dosennya, seperti Dr. Azrita, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini.
(Rio)

Dilihat 421 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media