15 Pebruari 2019
Bunghatta.ac.id. Widya Fahrani (jibab hijau), mahasiswa Prodi Sastra Jepang FIB Universitas Bung Hatta angkatan 2015 ini menangkan Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-12 di Kota Amagasaki, Jepang. Peserta berasal dari para mahasiswa asing yang berasal dari Indonesia, Taiwan, Korea, Rusia, Inggris, juga Thailand.

Dari hasil keputusan dewan juri, Juara I diraih oleh Nathaniel Hughes dari Inggris. Sementara itu, Juara II diraih oleh Widya Fahrani dari Indonesia, Juara III diraih oleh Ko Eunbit, mahasiswa yang berasal dari Korea Selatan.

Adapun judul pidato yang dirumuskan oleh Fahrani dalam memenangkan lomba tersebut adalah "Akushu Shimasuka? Ojigi Shimasuka?", yang berarti, "Apakah Anda Bersalaman ? Atau Membungkuk?"

Dalam lomba ini, pihak panitia memberikan tema yang terkait perbedaan budaya. "Kemenangan ini adalah hal yang mengejutkan dan pengalaman yang berharga bagi saya selama di Jepang,"sebut Fahrani dalam testimoninya, "Saya memilih judul ini karena menyadari jika orang Jepang itu tak terlalu sering bersalaman, sedangkan di Indonesia bersalaman adalah hal yang perlu dalam sebuah perkenalan. Di sini saya menceritakan dihadapan dewan juri dan penonton bahwa di Indonesia bersalaman sama pentingnya dengan budaya membungkuk di Jepang. Inilah yang membuat perbedaan budaya Jepang dengan Indonesia menjadi menarik dan menyenangkan untuk dipelajari,"imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Prodi Sastra Jepang FIB Universitas Bung Hatta, Oslan Amril, S.S., M. Si., menyatakan kegembiraannya terhadap prestasi mahasiswa Sastra Jepang UBH di kancah Internasional. Ke depan, kami akan terus memotivasi mahasiswa agar terus kreatif dan dinamis dengan memperkaya pengetahuan di bidang seni dan budaya, terutama budaya nasional dan transnasional atau lintas nasional.(Rio)

Dilihat 1895 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media