18 Pebruari 2019
Bunghatta.ac.id. Dafitra Juhanda, mahasiswa Prodi Teknik Elektronik berhasil membuat robot bak sampah berbasis elektronik. Dafitra dibimbing oleh Ir. Eddy Soesilo, M.Eng, dan Ir. Arnita, M.T. Tong sampah pintar berbasis arduino mega 2560 menggunakan komponen sensor ultrasonik SRF04. Pada tong sampah pintar ini, sensor ultrasonik digunakan untuk mendeteksi adanya gelombang ultrasonik yang terhalang (manusia), yang akan membuang sampah ketika sensor ultrasonik ini mendeteksi adanya halangan sehingga tutup tong sampah terbuka setelah 10 detik.

Sensor phototransistor digunakan untuk mendeteksi sampah yang penuh dan mendeteksi line tracer. Driver Motor IBT-2,BTS7960 merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mengontrol tegangan yang akan diteruskan ke motor dan juga dapat mengubah arah putaran dari motor.

Motor digunakan sebagai penggerak tutup tong sampah ketika sensor ultrasonik mendeteksi adanya manusia yang akan membuang sampah. Motor ini merupakan penggerak tong sampah menuju TPA serta menuangkan sampah ke TPA. Arduino mega2560 berfungsi sebagai pengolahan data hasil deteksi dari sensor ultrasonik, sensor phototransistor, driver motor, dan motor.

Prinsip kerja alat ketika sensor ultrasonik mendeteksi adanya manusia yang akan membuang sampah sehingga hasil deteksi akan dikirimkan ke arduino untuk pengelohan data. Setelah data di proses, arduino memerintahkan motor untuk membuka tutup tong sampah selama 10 detik. Jika sampah telah penuh maka akan dideteksi oleh sensor phototransistor. Hasil deteksi akan dikirimkan ke arduino untuk di olah dan diproses. Arduino memerintahkan sensor phototransistor untuk membaca line lalu motor aktif dan bergerak menuju TPA. Ketika sensor phototransistor tidak lagi membaca line maka arduino memerintahkan motor sebagai penggerak berhenti lalu memerintahkan motor untuk menuangkan tong sampah ke TPA selama 13 detik. Setelah sampah di buang, arduino memerintahkan sensor phototransistor untuk membaca line dan mengaktifkan motor sebagai penggerak menuju posisi awal lalu tong sampah melakukan pengecasan.

Menurut Ir. Eddy Soesilo, M. Eng., "Penerapan alat ini dapat digunakan pada rumah sakit, mall, dan tempat umum lainnya. Keunggulan alat tong sampah pintar ini dirancang dengan menggunakan sistem otomatis yang tutup tong sampah dapat membuka dan menutup dengan sendirinya ketika ada manusia yang akan membuang sampah."

"Robot ini dapat berjalan menuju TPA ketika sampah telah penuh dan kembali ke posisi awal setelah sampah di buang. Benda ini memiliki sumber tegangan sendiri sehingga jika sewaktu-waktu sumber listrik PLN mengalami gangguan. Alat ini tetap bisa digunakan. Alat ini dapat melakukan pengecasan sendiri,"ujar Ir. Arnita, M.T. (Rio)

Dilihat 1871 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media