20 Pebruari 2019
Bunghatta.ac.id. Delegasi Universiti Terengganu Malaysia (UMT) kunjungi Universitas Bung Hatta pekan lalu (12/2/19). Sebanyak 41 orang rombongan lawatan Internasional Mahasiswa UMT yang terdiri atas 15 orang Pengurus Mahasiswa Luar Kampus (Majlis Pelajar Luar Kampus), 13 orang Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) (Majelis Perwakilan Pelajar), 6 orang dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Asrama Mahasiswa (Majelis Kolej Siswa) dan 2 orang dari Pengurus Asrama Mahasiswa (Felo Kolej Siswa) disambut ramah oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, H. Masri Hasyar, S.H., Wakil Rektor III, Dr. Diana Kartika, Dekan Selingkungan Universitas Bung Hatta, dan para dosen FPIK UBH.

Presiden Mahasiswa (Yang DiPertua Majlis Perwakilan Pelajar) UMT, Razyaiton Binti Raghazli, Ketua Asrama Mahasiswa (Yang Dipertua Majlis Kolej Siswa) UMT, Saifu Fauzan Bin Aziz menjelaskan bahawa kunjungan ini merupakan realisasi dan mengisi kerja sama antara UMT dan UBH yang sudah berjalan sejak lama sekali. Rintisan MOU-nya sudah dimulai sejak 1992.

Lebih jauh, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UBH, Ir. Mas Eriza, MP menjelaskan bahwa ini adalah program pertama yang kita urus secara maksimal sehingga mereka begitu berkesan dengan kondisi Universitas Bung Hatta. Mereka datang mengunjungi Kampus II UBH di Air Pacah, tepatnya di Asrama Mahasiswa di Air Pacah. Kemudian, dialog tentang menajemen asrama mahasiswa dengan Wakil Rektor III juga digelar. Mereka juga melihat Labor Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang serius dalam mengembangan ikan-ikan langka dan ikan hias yang dapat menjadi bahan penelitian bersama antara UMT dan UBH.

Wakil Ketua Pengurus Asrama Mahasisiwa yang tinggal di luar Kampus (Timbalan Yang Dipertua Majlis Pelajar Luar Kampus) UMT, Muhammad Azimuddin Anwar Bin Amir (Azim) menyatakan bahwa ini adalah kegiatan yang pertama kalinya bagi ketiga perwakilan mahasiswa UMT (Presidennya Mhs rombongan), Pengurus Asrama Mahasiswa Dalam Kampus dan Luar Kampus, pergi keluar negara.

Kunjungan ketiga kelompok organisasi kemahasiswa UMT ini adalah untuk yang pertama kalinya ke Indonesia, khususnya adalah ke Universitas Bung Hatta, Padang. Pengarah Dr. Izan Dato Haji Jaafar, Ketua Asrama Mahasiswa Dr. Nik Azizi Nik Ali menjelaskan bahwa jauh sebelumnya program ini, hanya diwakili oleh satu organisasi kemahasiswaan saja dengan tujuan berbagai perguruan tinggi luar negari. "Kunjungan terakhir kami kemarin selain ke Universitas Bung Hatta adalah University of Melbourne, Australia,"sebutnya.

Kunjungan Utusan Perwakilan Mahasiswa UMT ke Universitas Bung Hatta adalah mengunjungi asrama mahasiswa, dialog dengan pimpinan universitas, Dr. Diana Kartika, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa, Kerja sama dan Alumni.

Beberapa rangkaian kegiatan dilalui oleh mahasiswa UMT bersama mahasiswa UBH, seperti pertandingan persahabatan futsal antara mahasiswa UMT dengan mahasiswa FPIK UBH. Selain itu, PIC UMT di UBH Padang Dr. Harfiandri Damanhuri juga mendampingi rombongan mahasiswa untuk berkunjung ke Stasiun Iklim di Bukit Lampu, Sungai Beremas, dilanjutkan kunjungan ke Kantor Loka Riset Sumberdaya dan Kerentanan Pesisir, (LRSDKP) Bungus, Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), Bungus. Besoknya dilanjutkan berkunjungan ke UPTD Balai Budidaya Ikan (BBI) Sicincin, terus ke Padang Panjang dan Bukittinggi sambil melihat dan menikmati wisata edukasi dan budaya (hd/rio).

Dilihat 1905 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media