22 Pebruari 2019
Bunghatta.ac.id. Dr. Diana Kartika, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta dilantik menjadi Ketua FORKOMAWA LLDikti Wilayah X di STT Ibnu Sina Batam (21/2/19).

Struktur organisasi yang dilantik, yaitu (1) Ketua: Dr. Diana Kartika (Universitas Bung Hatta), (2) Wakil Ketua : Ely Susanti, S.E., M.M. (LLDikti Wilayah X), (3) Sekretaris: Zulfita, S. Si.T., M.Biomed (Stikes Mercubakti Jaya), (4) Ketua Forkomawa Prov. Sumbar: Amrullah, S.E., M.Si. (Universitas Baiturahmah), (5) Ketua Forkomawa : Prov. Jambi: Ir. M. Sugihartono, M. Si. (Unbari Jambi), (6) Ketua Forkomawa Prov. Riau: Ir. Rosyadi, M. Si.(UIR Riau), (7) Ketua Forkomawa Prov. Kepri: Karol Teovani Lodan, SAP., MAP. (8) Sekretariat: Albert Oktavian (LLDikti Wilayah X) dan Nurti (LLDikti Wilayah X).

Pelantikan ini dihadiri oleh Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ismunandar; Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr. Didin Wahidin M. Pd; Kepala LLDikti Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA; Wakil Gubernur Kepri; Walikota Batam; Ketua Aptisi Pusat; Ketua Aptisi Wilayah D; Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang, M.T., IPM.; Rektor selingkungan LLDikti Wilayah X; serta para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di lingkungan LLDikti Wilayah X.

Awal mula terbentuknya FORKOMAWA di tingkat LLDikti wilayah X ini karena FORKOMAWA di tingkat nasional rutin melakukan kegiatan dan pertemuan-pertemuan dengan para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan di Kemenristekdikti yang selalu dihadiri oleh Dr. Diana Kartika. Kemudian, dengan mengacu hal tersebut, Dr. Diana Kartika terinspirasi untuk membentuk FORKOMAWA untuk LLDikti Wilayah X. Kemudian, ide tersebut disampaikan secara langsung kepada Kepala LLDikti Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA dan beliau langsung menyambut baik dengan menindaklanjuti ide tersebut serta memberikan amanah kepada Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta agar segera membentuk kepengurusannya.

Keberadaan FORKOMAWA ini bertujuan sebagai media untuk berkomunikasi dan berkooordinasi terkait semua aktivitas, informasi, dan isu-isu terbaru bidang kemahasiswaan. "Mari bersama-sama meningkatkan sinergitas dan saling bertukar pikiran untuk menyatukan persepi terkait dengan bidang kemahasiswaan sehingga terbangun kebersamaan dan koordinasi yang lebih baik antar perguruan tinggi. Diharapkan setelah pelantikan ini, kita dapat berkoordinasi menyusun program kerja untuk periode kepengurusan yang disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman dan arahan dari Kemenristekdikti serta LLDikti Wilayah X,"ujar Herri.

Dilantiknya Wakil Rektor III UBH di Kepengurusan FORKOMAWA LLDikti Wilayah X oleh Direktur Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan DIKTI ini merupakan suatu kebanggaan bagi institusi agar lebih semangat dalam meningkatkan berbagai aktivitas di bidang kemahasiswaan serta memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional, khususnya di perguruan tinggi di wilayah X. Seiring dengan perkembangannya zaman, terutama Era Revolusi Industri 4.0, pembinaan bidang kemahasiswaan semakin kompleks dan penuh dengan tantangan. Arah dan kebijakan Heksagon Kemahasiswaan semakin jelas dengan adanya Sistem Pemeringkatan Kegiatan Mahasiswa (Simkatmawa) yang diadakan oleh DIKTI setap setiap tahunnya.

Berdasarkan hasil rekomendasi Rakernas 2019, terdapat tujuh fokus yang menjadi perhatian, yaitu di bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kelembagaan Iptek dan Dikti, Sumber Daya Iptek dan Dikti, Riset dan Pengembangan, Inovasi, Reformasi Birokrasi dan Pengawasan Internal. Terkait dengan bidang kemahasiswaan, terdapat dua point yang harus mendapat perhatian khusus dari perguruan tinggi, yaitu menyiapkan kebutuhan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki kompetensi dan kemampuan kerja serta sikap kerja (employability) dengan pemberian sertifikat pendamping, peningkatan prestasi kemahasiswaan, dan pemberian pengalaman profesional. Selain itu, pembentukan sikap mahasiswa dan lulusan yang toleran, empati, menghargai ragam budaya, dan cinta tanah air yang perlu diintegrasikan dengan pendidikan anti korupsi dan bela negara dalam kurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler.

Usai dilantik, Dr. Diana Kartika menyampaikan terima kasih kepada para wakil rektor dan pimpinan perguruan tinggi swasta lain, yang sudah memberinya kepercayaan. "Saya juga berterima kasih kepada LLDIKTI. Mudah-mudahan forum ini bisa kita berdayakan seperti diharapkan lembaga layanan,"ujar Diana Kartika.

"Usai pelantikan, Forkomawa LLDIKTI bersama-sama dengan fokomawa di empat provinsi langsung melakukan rapat kerja. Raker akan membahas dan merumuskan program. Juga hal-hal lain dalam upaya memajukan kegiatan mahasiswa," ungkap Diana Kartika (Rio) .

Dilihat 2129 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media