25 Maret 2019
Bunghatta.ac.id. Sabtu (23/3), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Pindo) , Universitas Bung Hatta (UBH) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bagi MGMP bahasa Indonesia SMP di Payakumbuh. Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif dari Prodi Pindo untuk melaksanakan bagian dari tridarma perguruan tinggi.

Mengingat bahwa saat ini teknologi menjadi basis yang paling kuat danpopuler untuk media pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0, Prodi Pindo mengangkat tema "Workshop Strategi dan Media Pembelajaran bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kota Payakumbuh".

Para peserta terdiri atas guru-guru bidang studi bahasa Indonesia di Kota Payakumbuh. Sejumlah lima puluh orang guru antusias menjadi peserta dalam PkM tersebut. Para guru dibekali dengan wawasan tentang strategi dan media pembelajaran berbasis IT.

Ketua Prodi Pindo, Dr. Hasnul Fikri, M. Pd., menyampaikan bahwa saat ini guru mesti kreatif dan inisiatif. Oleh sebab itu, guru mesti tanggap terhadap teknologi dan informasi. Media pembelajaran berbasis IT dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran sehingga tidak lagi bersifat konvensional dan monoton. Melalui hasil penelitian dosen-dosen Prodi Pindo, para narasumber menyampaikan dan mengenalkan produk media pembelajaran berbasis android.

Agenda yang dilaksanakan setiap tahun oleh Prodi Pindo ini dilaksanakan oleh seluruh dosen Prodi Pindo dengan masing-masing makalahnya. Ke depan, rupanya, MGMP bahasa Indonesia sekolah dasar Kota Payakumbuh melirik kehadiran Prodi Pindo menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), untuk kegiatan selanjutnya. (Rio)

Dilihat 1678 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media