29 Maret 2019
Bunghatta.ac.id. Kamis, (28/3/19) di Gedung BPK lantai 4 Jalan Khatib Sulaiman No. 54, Padang, dalam rangka mendidik dan membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan tentang cikal bakal korupsi di level yang lebih tinggi, Prodi Akuntansi Universitas Bung Hatta mewadahi mahasiswa dalam bentuk pencerdasan dan edukasi mahasiswa dengan mengangkat kegiatan seminar akuntansi dengan tema "Membangun Semangat Anti Korupsi Kaum Milenial dalam Persaingan Ekonomi di Era Globalisasi" sebagai upaya membangun semangat anti korupsi sejak dini.

Seminar Akuntansi ini digagas agar mahasiswa dapat menerima materi secara langsung dari instansi yang telah berkompeten di bidang pencegahan korupsi. Mahasiswa juga dapat berinteraksi dan mengenal lebih dekat peran dan fungsi BPK sebagai institusi yang dapat mencegah terjadinya korupsi sehingga dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk mengadopsi sifat-sifat profesional dan semangat anti-korupsi.

Telah banyak upaya yang dilakukan dalam pemberantasan korupsi oleh instansi terkait, seperti KPK, BPK, dan inspektorat untuk memberantas korupsi, mulai dari pembutan regulasi, penetapan hukuman maupun upaya-upaya pencegahan korupsi melalui pendidikan. Mustahil instansi terkait untuk memberantas korupsi hingga ke akar-akarnya tanpa adanya upaya dari setiap lini untuk turut bertanggung jawab mewujudkan negara ini bebas dari tindakan korupsi.
Peran mahasiswa dinilai sangat penting dalam mencegah korupsi melalui pendidikan dan organisasi mahasiswa. Sadar atau tidak, secara tidak langsung mahasiswa kerap melakukan tindakan-tindakan yang menjadi bibit munculnya korupsi mikro, seperti korupsi waktu, mencontek ketika ujian, tidak transparan dalam pengeolaan keuangan organisasi yang nantinya dapat menjadi cikal bakal korupsi di level yang lebih tinggi.

Tujuan diselengarakan kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat membangun semangat anti-korupsi dan memiliki integritas yang tinggi. Mahasiswa dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sikap-sikap anti-korupsi. Mahasiswa dapat mengenal BPK lebih dekat dan mengadopsi nilai-nilai profesional instansi pemerintah sebagai salah satu role model dalam menerapkan sifat anti korupsi. (Rio)

Dilihat 1832 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media