5 April 2019
Bunghatta.ac.id. Simposium Nasional Magister (SiNMag) ke-IV Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta Padang secara resmi dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Bung Hatta, Dr. Zaitul S.E., MBA., Ak.CA., Sabtu (30/3/19) yang lalu.

SiNMag ke- IV ini diusung tema "Meningkatkan Literasi Mahasiswa Pascasarjana untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0" dengan menghadirkan keynote speaker, Dr. Uning Pratimaratri S.H., M. Hum, serta pemateri Sefnedi S.E., M.M., Ph.D, Dr. Era Triana S.T., M.T., Dr. Harfiandri Damanhuri, M. Sc., dan Dr. Marsis, M. Pd.

Dr. Ir. Junaidi M.S., Asisten Direktur Pascasarjana Universitas Bung Hatta mengatakan bahwa Simposium Magister (SinMag) ke-IV di Pascasarjana Bung Hatta bertujuan memberikan pedoman dan pemahaman serta arahan agar mahasiswa mampu menulis karya ilmiah. Pada SiNMag kali ini, ada kegembiraan tersendiri karena pesertanya mengalami peningkatan dan saat ini mencapai angka 100 orang lebih,"demikian disampaikan Junaidi, Ketua Pelaksana SiNMag IV di Balairung Caraka Universitas Bung Hatta Padang.

Junaidi memaparkan, SiNMag Pascasarjana Univ. Bung Hatta semakin hari semakin mengalami peningkatan terutama dari segi peserta dan kualitas pemateri. Pelaksanaan SiNMag dilakukan agar lulusan yang dihasilkan mampu bersaing dari lulusan universitas lain.

"Kita memang berbeda dari jurusan lain, terutama dalam hal memfasilitasi mahasiswa agar mampu menghasilkan karya ilmiah,"jelas Junaidi.

Bahkan sebut Junaidi lagi, pada SiNMag IV, mahasiswa S-1 Ilmu Hukum turut serta jadi presenter untuk menyajikan makalahnya.

"Ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan ke depan martabat Bung Hatta Muda dapat mengalami peningkatan dari berbagai segi. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah bersedia mengikuti kegiatan ini serta kepada seluruh panitia dan ketua prodi yang telah mendukung kegiatan ini,"sebutnya.

Dr. Zaitul S.E., Akt., CA., Direktur Pascasarjana Universitas Bung Hatta mengatakan bahwa SiNMag ke-IV diikuti 105 peserta yang menulis makalah yang telah dipresentasikan dihadapan peserta SiNMag. "Ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar mampu menulis artikel dan akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding, tapi sebelum dipublikasikan, artikel tersebut akan dicek oleh panitia terutama dari segi plagiasi minimal 25 %," kata Direktur PPs UBH tersebut.

Lebih jelas lagi, Direktur PPs memaparkan bahwa Simposium Nasional Magister Pascasarjana Bung Hatta merupakan syarat yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum menyelesaikan program magister. Terutama untuk yang ingin naik pangkat. Hal ini berlaku bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan program magister, jelasnya.

Perlu dicatat, sambung direktur, bagi mahasiswa di masing masing prodi, sangat bermanfaat untuk meningkatkan reputasi dosen dan ke depan Pascasarjana Bung Hatta bertekad masuk ke Google Scholar. (RR, Red)

Dilihat 1508 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media