9 April 2019
Bunghatta.ac.id. Untuk pertama kalinya, Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta (UBH) menggelar FTI Technoprenuer Software Engineering Exhibition di Kampus III UBH, Gunung Pangilun (9/4).

Dekan FTI UBH, Dr. Hidayat, M.T.,IPM., mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa tentang software hingga mewujudkan konsolidasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri.

"Konsolidasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri ini sangat penting sehingga terbangun suatu link and match sebagaimana yang dicanangkan pemerintah saat ini,"ujar Hidayat dalam acara pembukaan yang juga dihadiri Wakil Rektor 1 UBH, Dr. Hendra Suherman, M.T. Hendra Suherman juga berpesab bahwa mahasiswa mesti mampu merancang bagaimana menghasilkan suatu bidang usaha dengan mengedepankan inovasi dan teknologi di bidang industri.

Menurut Hidayat, di era 4.0 saat ini, peran dunia teknologi sangat penting. Salah satunya menyangkut software. Apalagi bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur.

"Oleh sebab itu, kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjembatani antara mahasiswa maupun siswa dengan perusahaan. Di samping itu, mahasiswa maupun siswa dapat belajar tentang software dari pelatihan yang kami berikan,"katanya.

Ketua Panitia, Iman Satria, S.T., M.T., mengatakan bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dengan menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba virtual desain kios UMKM, pameran sofware hingga kuliah umum dari petinggi perusahaan BUMN.

"Acara ini digagas oleh dosen. Tujuannya memang untuk membangun link and match antara perguruan antara perguruan tinggi dengan Industri. Selama ini mengundang kuliah umum. Kegiatan seperti ini tidak hanya membangun networking, tetapi juga menambah kemampuan softskill,"kata pria yang juga Sekjen Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Sumbar tersebut.

Menurut Iman, acara tersebut didukung sekitar 15 perusahaan yang tergabung dalam perusahaan BUMN maupun BUMS, seperti PT Pelindo 2, PT Incasi Raya, PT Pertamina, Telkomsel, J Bros, PT Kunango Jantan, dan lainnya.

"Kami juga mengundang siswa SMA/SMK se-Kota Padang dan juga perguruan tinggi lainnya, seperti Politeknik Negeri Jakarta dan Politeknik Negeri Padang," pungkasnya. (Rio)

Dilihat 1666 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media