10 April 2019
Bunghatta.ac.id. Dalam program Sumbar Rancak Bana, Rabu (10/04/19) pukul 08.30 s.d. 09.30, yang disiarkan secara langsung di Padang TV Studio Graha Pena, Dra. Susi Herawati, M. Pd., Sekjend. Arti Pena (Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba) diundang sebagai narasumber untuk tema "Peranan Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Nagari Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Tidak hanya beliau, turut hadir pula Emalia, S.H., dari Badan Narkotika Nasional Provinsi BNNP Sumbar.

BNP telah bekerja sama dengan perguruan tinggi, seperti Universitas Bung Hatta melalui Arti Pena. "Peran mahasiswa yang KNN diharapkan dapat menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai bahaya atau dampak narkotika. Mahasiswa KKN diharapkan membuat program sosialisasi kepada masyarakat di nagari-nagari sehingga setelah kegiatan KKN selesai masyarakat dapat melanjutkan kegiatan yang telah digagas oleh mahasiswa,"kata Emalia.

Senada dengan hal itu, Susi Herawati juga mengatakan bahwa Arti Pena memiki peran yang dapat mengakomodasi apabila ada indikasi penyalahgunaan dan sebagainya. Program Nagari Bersinar atau Nagari Bersih dari Narkoba telah diimplementasikan oleh UBH sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen untuk memberantas penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat, terutama bagi mahasiswa. Di samping itu, sebagai komitmen untuk memerangi narkoba, semua mahasiswa baru yang mendaftar ke UBH harus diseleksi melalui tes urine,"sebutnya.

"Universitas Bung Hatta memiliki program KKN dengan berorientasi pada pencegahan penyalahgunaaan narkoba, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Arti Pena UBH dapat berkolaborasi dengan BNP untuk menjalankan program P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan penggelapan guna narkoba) agar di generasi muda terhindar dari hal-hal tersebut,"imbuhnya. (Rio)

Dilihat 1596 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media