13 April 2019
Bunghatta.ac.id. Kegiatan yang digelar oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (FTI-UBH) (9-11/4/19) lalu diikuti oleh beberapa BUMN dan perusahaan lokal berskala nasional, seperti PT Pertamina Region I Medan, PT Semen Padang, PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur, PT Telkom, PT Telkomsel, PT Incasi, PT Kunango Jantan, JBross, PT RKP, ETC, PT Suka Fajar, PT ASB, Purwacaraka Music, Ema Heaven Band, CV Central Electro Padang, PT Indosinergi Jakarta.

Dukungan juga berasal dari perguruan tinggi, yakni Ir. Insannul Kamil, M. Eng., Ph.D. IPM., Dekan Fakultas Teknik Unand dengan menampilkan hasil-hasil karya mahasiswa. Selanjutnya, dari Politeknik Negri Jakarta (PNJ), Iwan Supriyadi, BSCE, M.T., selaku Sektetaris Jurusan Teknik Sipil yang mengisi pelatihan software Tekla.

Ditampilkan juga beberapa hasil- hasil karya mahasiswa FTI UBH, yang dikoordinisasi oleh Fernando, mahasiswa Prodi. Teknik Elektro FTI UBH.

Dalam rentang waktu 3 hari tersebut, diselanggarakan beberapa kegiatan, yakni Pameran Teknologi dan Industri, Kuliah Umum (PT Semen Padang, PT Pertamina & PT Kunango Jantan), Demo Tekla (Politeknik Negeri Jakarta), Solid Work (PT Indosinergy Indonesia), Desain Pendingin (Daikin, CV. Central Elektro Padang) serta Pelatihan Sofware Drawing 3D untuk anak SMA/K se kota Padang, dengan perangkat laptop sejumlah 15 unit disediakan oleh JBros.

Iman Satria, S.T, M.T., IPM selaku ketua panitia, merasa puas melihat tingginya animo dosen, mahasiswa yang berasal dari dalam maupun luar Universitas Bung Hatta, dan juga siswa SMA/SMK yang menyaksikan pameran dan mengikuti kuliah umum serta pelatihan software. . "Secara keseluruhan tujuan dan target penyelenggaraan kegiatan aAlhamdulillah tercapai,"kata Iman, dosen Teknik Mesin UBH, yang saat ini juga menjabat Sekretaris Umum PII Sumatera Barat.

Dr. Hidayat, S.T. M.T, IPM selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri mengapresiasi kerja tim panitia, yang sukses mengangkat event dengan menghadirkan perusahan BUMN, perusahaan lokal berkala nasional, utusan perguruan tinggi, siswa SLTA se-Kota Padang.

Dalam kegiatan tersebut juga diselanggarakan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara FTI UBH dengan PT Pertamina Region 1 Medan. Di antara poinnya adalah, pendirian Workshop Pendingin/AC berbahan MUSICOOL di kampus FTI UBH sehingga FTI UBH dijadikan Pusat Pelatihan dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi mahasiswa, siswa maupun masyarakat oleh PT Pertamina.

Kegiatan FTI Enterpreneur & Softwate Engineering Exhibition ini memberi dampat positif bagi civitas akademika FTI UBH dari segi edukasi, motivasi, promosi, relasi, dan konsolidasi.

Pelaksanaan kuliah umum dan workshop dapat menambah pengetahuan serta keterampilan. Ditampilkanya sistem kerja dan contoh produk industri serta hasil karya mahasiswa dapat memotivasi mahasiswa dan dosen.

Hadirnya siswa SLTA dan dieksposnya kegiatan di media cetak, elektronik oleh mitra yang hadir merupakan promosi. Interaksi dosen dan mahasiswa dengan industri dan mitra yang hadir akan membangun relasi/jejaring sehingga tercipta kerja sama.

Keterlibatan aktif dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan struktural FTI menjadi ajang konsolidasi antarmahasiswa, lembaga mahasiswa, dosen, dan struktural. Dengan demikian, kegiatan ini akan digelar setiap tahun, demikian ungkap Hidayat.

Sejalan dengan itu, Yusrizal Bakar, S.T., M.T selaku Wakil Dekan FTI mengharapkan acara ini menjadi sarana meningkatkan keterampilan bagi mahasiswa.

Oleh karena itu, tingkat parsitipasi mahasiswa, lembaga mahasiswa, dan dosen pada event ke depan harus lebih tinggi lagi agar didapatkan luaran yang maksimal. (Rio, Red)

Dilihat 465 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media