25 Juni 2019
Bunghatta.ac.id. "Merpati tidak pernah ingkar janji. Orang-orang yang peduli lingkungan tidak pernah akan melanggar komitmen. Terus berbagi pengalaman dan mengajak masyarakat sekitar untuk peduli lingkungan yang bersih, alami, dan sehat,"demikian perumpamaan yang dikatakan oleh Dr. Harfiandri Damanhuri, M. Sc., ketika menceritakan pengalamannya bersama tim dari Universitas Bung Hatta dalam melaksanakan PKM mandiri lintas ilmu di Pantai Padang, di sekitar Tugu Merpati Perdamaian, Pantai Muaro Lasak, Kelurahan Rimbo Kaluang.

Para staf pengajar Universitas Bung Hatta yang terlibat dari berbagai lintas ilmu itu merumuskan tema kegiatan "Peduli Lingkungan: Pantai Padang Bebas Sampah Plastik". Acara dibuka oleh penggagas kegiatan PKM (Mandiri) UBH; Dr. Uning Pramaratri, S.H., M. Hum, serta diapresiasi oleh dua lurah yang hadir, dan penyampaian materi dan metode cara penghitungan volume sampai dan pengelompokan jenis sampah di belakang Tugu Merpati Perdamaian oleh Dr. Harfiandri Damanhuri, S. Pi, M. Sc.

Pembersihan pantai dilakukan oleh para mahasiswa dari F. Hukum, F. Ekonomi dan Bisnis, F. Perikanan dan Ilmu Kelautan, F. Teknik Sipil dan Perencanaan, serta mahasiswa SP2K Pascasarjana UBH bersama staf pengajar dan tendik yang terlibat.

"Sampah dalam transek yang dipasang sepanjang 50 m, dengan lebar 5 m, diambil dari berbagai jenis sampah di area tersebut. Lalu, sampah dikelompokan dan ditimbang agar dapat diketahui besaran volume sampah di satu lokasi sampling, yang dapat diestimasi jumlah sampah dengan konversi luasan seluruh kawasan yang menjadi projek,"kata Harfiandri. (RR/HD)

Dilihat 1460 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media