6 Agustus 2019
Bunghatta.ac.id. Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta menyelenggarakan international guest lecture di Kampus III Gunung Pangilun, Universitas Bung Hatta (26/7/19).

Dalam kegiatan ini, diangkat tema, "Converting Chemical Energy to Electrical Energy with Microbial Fuel Cell (MFC)" dengan mendatangkan Prof. Masato Tominaga (Dept.of Chemistry and Applied Chemistry, Saga University, Jepang).

"Untuk menyelidiki efek dari tipe sambungan seri dan paralel pada pembangkit tenaga listrik, sel bahan bakar mikroba menggunakan lumpur (MMFC) dibangun oleh 4 buah anoda dan satu katoda dengan resistansi eksternal. Arus maksimum yang diamati pada MMFC tipe paralel adalah kalsium; dua kali lebih besar dari pada tipe seri MMFC meskipun tegangan maksimum tidak tergantung pada tipe koneksi,"kata Prof. Masato Tominaga dalam presentasi makalahnya yang berjudul "Effect on Connection Type in Series and Parallel on Electric Power Generation of Mud Microbial Fuel Cell".

"Sebagai hasilnya, MMFC tipe paralel menunjukkan kalsium. Dua kali lebih tinggi daya listrik maksimum dari tipe seri MMFC. Ketika nilai resistansi eksternal yang digunakan adalah nilai tertutup terhadap resistansi internal MMFC, setiap potensi anodik tergantung pada urutan penghubung,"imbuhnya.

Kerja sama bidang pendidikan ini terjalin berkat hubungan baik antara Universitas Bung Hatta dengan Saga University, yang diinisiasi oleh Kepala Badan Perencanaan, Pengembangan, Kerja sama, dan Promosi (BPPKP), Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti, M.T. (**Rio/Humas)

Dilihat 1177 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media