8 Agustus 2019
Bunghatta.ac.id. Rabu (7/8/19), FTI Universitas Bung Hatta menggelar workshop pengembangan usaha bagi dosen dan mahasiswa, yang bertempat di Balairung Caraka Kampus Proklamator 1 Universitas Bung Hatta.

Workshop tersebut dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Bung Hatta serta para pelaku Teknologi Tepat Guna (TTG) Sumatera Barat.

Iman Satria selaku ketua panitia mengungkapkan, workshop ini terselenggara berkat kerja sama FTI UBH dan Pusat Bisnis dan Inovasi Teknologi Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung.

Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi civitas akademik UBH. Dengan demikian, hasil-hasil penelitian dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat dan dapat juga menambah income dosen serta mahasiswa yang terlibat.

Hidayat, Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dukungannya terhadap kegiatan tersebut karena sejalan dengan visi fakultas, yaitu "menjadi fakultas inovator yang bermartabat dalam pengembangan teknologi industri menuju fakultas berkelas dunia".

Demikian juga, kegiatan ini sejalan dengan program Yayasan Pendidikan Bung Hatta yang menghendaki adanya income generation Universitas selain SPP mahasiswa.

Narasumber yang merupakan Direktur Pusat Inovasi dan Bisnis UNPAS, Ir. Farid Rizayana, M.T memaparkan bahwa untuk memulai suatu usaha bergerak di bidang teknologi tidak selalu memakai uang pribadi, namun bisa dengan cara meraih hibah dari pemerintah, CSR atau lainnya.

Kemenristekdikti sudah menyediakan Program bagi Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), PLBT yang bisa diakses oleh dosen dengan cara mengajukan proposal ke Kemenristek.

Bentuk pendanaan lain yang yaitu, CROWD FOUNDING pendanaan yang berasal dari kumpulan beberapa orang berduit (dana urunan) untuk menjalankan suatu usaha yang sudah tumbuh, demikian ungkapan, Farid. (**Rio/Humas)

Dilihat 1163 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media