9 Agustus 2019
Bunghatta.ac.id. Tim Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek) Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Pusat Bisnis dan Inovasi Teknologi Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung presentasi di hadapan Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah beserta SKPD terkait.

Diskusi yang berlangsung lebih dari satu jam itu bertempat di Gedung Putih Rumah Dinas Walikota Padang dengan tajuk "Implementasi Produk Anak Negri Untuk Kemajuan Daerah".

Mahyeldi mengungkapkan bahwa Kota Padang banyak sekali memerlukan alat-alat teknologi untuk lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, untuk kebersihan kota, diperlukan mesin penyapu jalan (road swiper). Jika didatangkan dari luar negeri, di samping harga mahal, biaya operasi dan perawatanya juga mahal. Oleh sebab itu, dibutuhkan alat pemotong pohon yang sekaligus dapat menghancurkan daun dan ranting sehingga bisa diolah menjadi pupuk.

Dr. Hidayat, S.T., M.T.,IPM selaku Dekan FTI Univ Bung Hatta mengungkapkan, perguruan tinggi termasuk FTI UBH sudah menciptakan beberapa Teknologi Tepat Guna (TTG) yang sudah terpakai oleh masyarakat. Keinginan Buya, sebutan akrab Walikota Padang, akan dapat dipenuhi oleh FTI UBH karena telah berkolaborasi dengan Pusat Bisnis dan Inovasi Teknologi UNPAS.

Ir. Iman Satria M.T, IPM selaku PIC dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa keterlibatanya dengan Direktur Pusat Bisnis dan Inovasi Teknologi UNPAS sudah dimulai semenjak tahun 2000 sehingga kami yakin mampu membuat alat-alat teknologi yang dibutuhkan oleh Kota Padang dan Pemda lainnya. Kami punya tenaga ahli yang hadir saat ini Dr. Firdaus, S.T, M.T,; Ir. Eddy Soesilo, M.Eng; Rizky Arman, S.T., M.T., dan Ir. Iqbal, M.T demikian ungkapan Iman.

Ir. Farid Rizayana, M.T dalam paparanya menampilkan alat penyapu jalan (road swiper) yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Kota Padang dari sisi kontur, lebar, dan tingkat keramaiannya. Demikian juga ditampilkan alat penghancur ranting dan daun, tractor pack yang kompatibel dan bisa disandang serta multifungsi seperti untuk pompa air dan sebagainya.

Beberapa kepala dinas yang hadir berharap alat-alat TTG yang dibutuhkan tersebut dapat segera terealisasi sehingga memudahkan dari segi pengerjaan dan meningkatkan kualitas hasil. (**Rio/Humas)

Dilihat 1090 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media