3 September 2019
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta dan Universitas Andalas bekerja sama dengan Pertamina untuk kegiatan pemanfaatan karbon (CCU) untuk mengurangi proses menangkap karbon dioksida. Kegiatan penelitian ini merupakan penerapan teknologi penangkapan dan pemanfaatan karbon untuk memberikan solusi untuk menurunkan/mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selama ini, proses pengurangan emisi gas karbon dioksida dilakukan dengan sistem Carbon Capture and Storage (CCS) yang bertujuan untuk menangkap CO2 dan melakukan penyimpanan ke perut bumi atau secara geologis. Sementara itu, CCU bertujuan untuk memanfaatkan karbon dioksida yang telah ditangkap untuk dipakai sebagai bahan baku untuk menjadi produk yang bernilai ekonomi lebih tinggi dengan memperhatikan teknologi pengolahan yang akan dipakai.

Kegiatan penelitian pemanfaatan gas karbon dioksida ini melibatkan lima mahasiswa Teknik Kimia, yaitu Audha Diachmesa, S.T., Hasbi N Zahlevi, S.T., Nofrinaldi, S.T., Ahmad Viqri, S.T., dan Irsanti Dewi, S.T. Mereka telah aktif mengikuti kegiatan penelitian ini sejak Februari s.d. September 2019.

Atas prestasi ini, Pertamina memberikan sertifikat penghargaan sebagai Asisten Peneliti yang bisa menjadi nilai tambah bagi mereka dalam mencari kerja. Kelima mahasiswa ini akan diwisuda pada 5 Oktober 2019 dan berhasil lulus 4 tahun. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti dan Ellyta Sari, M.T., dari Universitas Bung Hatta dan Prof. Dr. Eng. Syukri Arif, Prof. Dr. Eng. Ariadi Hazmi, Dr. Eng. Matal F. Alif dari Universitas Andalas.

Sertifikat ini langsung diserahkan oleh Tim Pertamina dari bagian Research & Technology Center (RTC) Pertamina, yaitu Dimas Ariyanta, M. Eng, Dra. Yuniati, M. Si., Dina, M. Si., Reka, S.T., Iqbal S.T., M.T.

Penyerahan sertifikat juga didampingi oleh Wakil Rektor III Dr. Diana Kartika dan Wakil Rektor I, Dr. Hendra Suherman. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan penghargaan kepada mahasiswa Teknik Kimia dan memberikan kepercayaan kepada Universitas Bung Hatta dan Universitas Andalas dalam melakukan penelitian ini.

Sementara itu, mahasiswa yang mendapatkan sertifikat menyampaikan bahwa selama mengikuti kegiatan ini banyak manfaat yang didapat di antaranya meningkatkan kerja sama tim; bekerja di bawah tekanan, kejujuran, kedisiplinan, dan saling menghargai dalam tim. (**Rio/Humas)

Dilihat 497 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media