19 September 2019
Bunghatta.ac.id. Dalam rangka melaksanakan kewajiban dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) KEMENRISTEK DIKTI, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monev-In) kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Ruang Sidang Rektor Kampus I UBH, Selasa (17/9/19).

Kegiatan monev ini dipimpin oleh reviewer nasional, Prof. Hafrijal Syandri, dosen FPIK UBH. Terdapat 5 kegiatan PKM yang dievaluasi, yaitu 2 judul dari FKIP dengan masing-masing ketua tim, Romi Isnanda, S. Pd., M. Pd., dan Yusri Wahyuni, S. Pd., M. Pd., 2 dari FPIK (Dr. Ir. Suparno, M. Si., dan Dr. Ir. Yusra, M. Si.) dan 1 dari FTI (Dessi Mufti, S.T., M.T.). Di samping melakukan evaluasi secara objektif, Prof. Syandri juga memberi arahan perbaikan sehingga output dan outcome dari kegiatan PKM dosen lebih bermanfaat bagi Universitas Bung Hatta dan masyarakat.

Ketua LPPM, Dr. Ir. Abdullah Munzir, M. Si., menjelaskan bahwa hasil monev-in dilaporkan kepada DRPM dan menjadi referensi bagi pelaksanaan monev eksternal.

Biasanya, reviewer eksternal melaksanakan monev ke lokasi kegiatan PKM. Pihak reviewer mengontak langsung Ketua LPKM untuk cross check validasi kegiatan dosen.

Problem bisa muncul bila Ketua LPPM memberikan keterangan tidak sesuai dengan apa yang dilakukan dosen pelaksana PKM sebagaimana yang diobservasi reviewer-Eksternal di lapangan. Untuk itu, Ketua LPPM mengucapkan terima kasih kepada para Ketua Tim PKM yang selama ini sudah bekerja sama dengan LPPM.

Kehadiran LPPM di lokasi bernilai sangat strategis bukan hanya untuk kelancaran PKM dan menghadapi monev oleh DRPM, melainkan juga untuk memberi muatan promosi bagi institusi.

"Jumlah PKM penting. Namun, kualitas PKM yang baik sehingga memberi manfaat yang besar bagi masyarakat jauh lebih penting. Hal itu akan menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat kepada Universitas Bung Hatta," ungkap Dr. Munzir.

Beberapa luaran kegiatan PKM dosen peserta movev-in sudah diunggah ke youtube.com dengan link:
1. Pemberdayaan Sanggar Budaya Lokal di Kamang Mudiak:
https://www.youtube.com/watch?v=iD7g-tVBoQQ&feature=youtu.be

2. Kelompok Wisata Sungai Pinang: https://youtu.be/raDQ0jyk0tA

3. Peningkatan Daya Tarik Destinasi Wisata Bahari Nagari Sungai Pinang:
https://youtu.be/_b2Wn0q2tuA

4. Inovasi Pembelajaran E-learning
https://youtu.be/9lti7IGW50w

(**Rio/Humas)

Dilihat 543 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media