6 Oktober 2019
Bunghatta.ac.id. Di periode wisuda akademik ke-72, Universitas Bung Hatta menyelenggarakan seremoni di Aula Gedung L, Kampus I Ulak Karang, Padang (5/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Badan Pembina YPBH, ketua Badan Pengurus YPBH, Ketua Badan Pengawas YPBH, mitra UBH (Kapolda, Lantamal, Lanud, Danrem, Bank BNI, dan sebagainya).

Pada periode ini, sebanyak 933 orang wisudawan, yang terdiri atas 64 magister, 804 sarjana, dan 65 ahli madya yang pelaksanaannya dibagi menjadi dua hari, yakni hari ini, Sabtu, 5 Oktober 2019 dan Minggu, 6 Oktober 2019.

"Sabtu, 5 Oktober 2019, sejumlah 469 wisudawan/I secara resmi dilantik menjadi magister, sarjana, dan ahli madya dari Program Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Sementara itu, Minggu, 6 Oktober 2019, sebanyak 464 para wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Teknologi Industri secara resmi dilantik menjadi sarjana dan ahli madya,"sebut Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A., dalam sambutannya.

Pada Wisuda Akademik ke-72 ini, wisudawan terbaik program sarjana tingkat Universitas diraih oleh Sdr. Yesi Anggraini Yunengsih, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,98 Predikat lulus "dengan pujian". Sementara itu, lulusan terbaik pada Program Magister (S2) diraih oleh Sdr. Nandi dengan IPK 3,93. Predikat lulus "dengan pujian" dari Program Studi Teknik Sipil.

Saat ini, Universitas Bung Hatta memiliki 7 fakultas dan 1 program Pascasarjana serta memiliki 32 program studi yang bernilai jual tinggi dan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja, usaha dan industri. Tahun 2019 ini, juga ada penambahan Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan pada Fakultas Teknologi Industri.

"Pada tahun akademik 2019/2020, diterapkan kurikulum yang berbasiskan Era Revolusi Industri 4.0 mengacu kepada peningkatan literasi data, teknologi dan humaniti. Di samping itu, kurikulum dirancang untuk meningkatkan kualitas lulusan yang mengutamakan kompetensi dalam Akhlak Mulia dengan menerapkan nilai-nilai kebunghattaan (santun, jujur, dan disiplin), bahasa Inggris dan teknologi informasi. Kurikulum dibuat dengan kesesuaian pada visi dan misi Universitas Bung Hatta, berorientasi pada masa depan menuju Universitas berkelas dunia,"sebut Rektor.

Pada tahun 2019 ini, Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi telah memperoleh akreditasi internasional dari Royal Institution of Surveyors Malaysia. Sedangkan 5 program studi sudah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT), yaitu program studi Budidaya Peraiaran, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi. Universitas Bung Hatta akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan akreditasi 27 program studi lainnya untuk meningkatkan akreditasi dari B menjadi A pada tahun 2020.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk dosen juga terus dilakukan. Pada tahun ini Universitas Bung Hatta akan mengukuhkan 1 orang Guru Besar Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti, ST., MT pada Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri.

Kepercayaan terhadap Universitas Bung Hatta tidak saja terlihat dari masyarakat, tetapi juga dari stakeholder. Tahun ini, Universitas Bung Hatta mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah untuk acara BUMN Goes to Campus. BUMN yang diwakili oleh Semen Indonesia tersebut memberikan bantuan sebesar 1M untuk peningkatan sarana dan prasarana di Prodi Teknik Sipil. Selain itu, PERTAMINA telah bekerja sama dengan Universitas Andalas dan Universitas Bung Hatta pada Jurusan Teknik Kimia. Dana penelitian di Universitas Bung Hatta juga diperoleh dari LPDP pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan dana dari Kemenristek Dikti serta dari sumber lainnya. Sementara itu, BNI juga telah membantu pembangunan masjid di Kampus III sebesar Rp296.022.000.

Baru-baru ini, Universitas Bung Hatta merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) satu-satunya yang diberi amanah untuk memperoleh beasiswa oleh Bank Indonesia dengan kouta sebanyak 50 orang mahasiswa terpilih melalui proses seleksi.

Secara keseluruhan Universitas Bung Hatta telah meluluskan alumni sebanyak 43.382 orang. Berdasarkan data penelusuran alumni universitas, alumni Universitas Bung Hatta telah mengabdikan ilmu yang mereka peroleh pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta di dalam maupun di luar negeri. Sebagian mereka juga melanjutkan kejenjang magister dan doktor. Merespon hal yang demikian, H. Masri Hasyar, S.H. berkata, "Wisudawan ke 72 ini, juga dibekali dengan sertifikat kompetensi yang diselengarakan oleh LSP Universitas Bung Hatta, Balai Wilayah I Jakon Aceh, maupun oleh lembaga swasta lainnya. Sertifikat kompetensi ini akan menjadi nilai tambah alumni Universitas Bung Hatta untuk bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya." (**Rio/Humas)

Dilihat 488 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media