27 Nopember 2019
Bunghatta.ac.id. Mahasiswa Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi angkatan 2018 melakukan kegiatan student mobility ke UTM (Universiti Teknologi Malaysia) di Johor Bahru (17-23/11/19). Kegiatan itu dilakukan oleh para mahasiswa selama seminggu dan diikuti sebanyak 56 orang mahasiswa. Dimulai dari hari Minggu (17/11), mahasiswa melakukan perjalanan udara dari Padang ke Kuala Lumpur dan dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Kuala Lumpur menuju Johor Bahru.

Sebagaimana yang diketahui, kampus UTM terletak di dua lokasi, yaitu di Kuala Lumpur dan Johor Bahru. Jurusan Quantity Surveying sendiri terletak di Johor Bahru.

Pada student mobility ini, mahasiswa didampingi oleh Dekan FTSP Universitas Bung Hatta, Dr. Nengah Tela, S.T., M. Sc., beserta dosen Prodi Teknik Ekonomi Konstruksi UBH, Sesmiwati BQS., M.T dan Fielda Roza, S.T., M.T dan dibantu oleh asisten dosen Khairinnisa, S.T dan Ifzi Fadilla, A.Md.

Di Fakulti Alam Bina dan Ukur itu, mahasiswa melanjutkan kegiatan opening ceremony (IWICME) dan ice breaking and group formation session.

Kegiatan IWICME (International Workshop On Innovation In Construction Management and Economics) sendiri diikutsertakan beberapa kampus, yaitu mahasiswa UTM sendiri sebagai penyelenggara, Politeknik Malaysia, dan UTHM (Universiti Tun Hussein Onn Malaysia).

Pada session ice breaking dan group formation session , mahasiswa diarahkan membuat barisan panjang vertikal sesuai urutan tinggi mahasiswa dari yang rendah ke yang tinggi. Pada saat itu, laki laki dan perempuan dipisahkan. Selanjutnya, mereka di informasikan berkumpul sesuai huruf awal pada nama mereka. Ini berguna untuk mencairkan suasana sambil membentuk kelompok untuk kegiatan besok harinya.

Di hari selanjutnya, Senin, (18/11/19) pagi, mahasiswa mengikuti kegiatan industrial visiting dan siang harinya dilanjutkan dengan talk and treasure hunt. Pada kegiatan industrial visiting ini, mahasiswa melakukan kunjungan ke konsultan atau kontraktor yang ada di Malaysia untuk berbagi pengalaman tentang pekerjaan atau proyek yang ada di Malaysia.

Setelah itu, mahasiswa melanjutkan kegiatan talk and treasure hunt yang pada kegiatan ini mahasiswa mengikuti kegiatan outdoor yang menggunakan kekuatan fisik mereka, seperti kegiatan outbond. Di sinilah mahasiswa dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, dan China saling beradaptasi satu sama yang lainnya untuk menunjukkan kekompakan antarkelompoknya.

Pada malamnya, kegiatan dilanjutkan dengan performance night, yakni mahasiswa Universitas Bung Hatta menampilkan 3 penampilan: storytelling tentang cerita legenda dari Sumatera Barat Malin Kundang, tari piring, dan akustik.

19 November 2019, mahasiswa melakukan site visit to Kumpulan Prasarana Rakyat Johor KPRJ. Saat sesi ini, mahasiswa diperlihatkan proses pembangunan dua proyek, yaitu Mount Austin Stadium dan Stadium Arena Emas. Mahasiswa diperbolehkan untuk bertanya pada pemandu lapangan yang ditugaskan saat itu. Pada siang harinya, mahasiswa mengikuti kegiatan Academic Exhibition dan Clossing Ceremony IWICME.

Selanjutnya, 20 November 2019, mahasiswa UTM memandu mahasiswa UBH mengunjungi beberapa tempat yang terkenal di Johor Bahru, seperti Forest City, Legoland, Galeri Seni Yayasan Warisan Johor, dan Mesjid Sultan Abu Bakar Johor Bahru.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini semakin membuat prodi TEK melakukan pengembangan dan semakin diterima di dunia konstruksi di Indonesia,"ungkap Dekan FTSP, Dr. Nengah Tela, M. Sc. (**Red/Humas)

Dilihat 567 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media