2 Desember 2019
Bunghatta.ac.id. Sekitar 517 mahasiswa Universitas Bung Hatta melakukan kuliah lapangan matakuliah dasar umum Kebunghattaan, Minggu (30/11).

Didampingi para dosen, mahasiswa-mahasiswi tersebut berangkat dari Kampus I UBH Ulak Karang, Padang pukul 08.00 dengan menggunakan voreijder dan 12 bus pariwisata.

Mereka dilepas Dekan FPIK UBH, Arlius, M.S., Ph.D, yang mewakili Rektor UBH. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa selama praktik lapangan ini mahasiswa mempelajari dan merefleksikan keteladanan dari Wakil Presiden pertama Indonesia itu. Melalui napaktilas penggalian sejarah Bung Hatta di Bukittinggi mereka bisa mempelajari tentang karakter tokoh proklamator tersebut.

"Ada enam karakter, yakni religius dengan totalitas; menasihati lebih baik daripada menyerang, tegas tapi santun, disiplin, hormat, dan sederhana,"ujarnya.

Ditambahkannya, tentang sosok Bung Hatta. "Bung Hatta adalah negarawan besar dengan ide-ide dan tindakannya untuk masa depan kehidupan bersama. Ia adalah cendikiawan; pencerah dengan ilmu pengetahuan. Pendidik bukan hanya penyampai ilmu pengetahuan, melainkan teladan untuk setiap tindakan. Ajaran dan tindakannyapun berangkat dari basis agama,"jelasnya.

Arlius mengharapkan kepada mahasiswa agar meniru keteladanan dari Bung Hatta. Belajar banyak dari pengalaman dengan menelusuri jejak sejarah Bung Hatta.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator MKDU Kebunghattaan, Dr. Wirnita Eska, menjelaskan bahwa total keseluruhan yang mengambil MKDU Kebunghattaan sejumlah 1.800 orang.

"Praktik lapangan dibagi menjadi dua. Untuk perdana, sejumlah 571 mahasiswa dilepas ke lapangan. Sisanya, akan diberangkatkan untuk tahap selanjutnya,"ucap Wirnita Eska.

Dikatakannya, lokasi perdana adalah perpustakaan nasional proklamator Bung Hatta di Bukittinggi. Di sana mereka dapat menggali informasi dan profil lengkap tentang Bung Hatta. Mereka juga diajak ke rumah kelahiran Bung Hatta, monumen Bung Hatta, dan dihibur pergi mengunjungi Jam Gadang sebagai lokasi wisata yang tak jauh dari lokasi tujuan utama. (**Rio/Humas)

Dilihat 425 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media