Pusyantek FTI UBH Kunjungi Kelompok Pengusaha Minyak Serai Wangi Pasaman Barat
8 Pebruari 2020
Bunghatta.ac.id. Tim Pusat Pelayanan Teknologi (PusYanTek) FTI Universitas Bung Hatta yang dipimpin langsung oleh Dr. Hidayat, Dekan FTI, mengunjungi kelompok pengusaha minyak serai wangi yang berlokasi di Nagari Talu, Kecamatan Talamau Pasaman Barat, Jumat (7/2/2020).

Hadir bersama Nesi Harmita, S.T., alumni Prodi Teknik Industri FTI UBH, yang saat ini menjadi anggota DPRD Komisi III DPRD Agam.

Hidayat dan Nesi didampingi oleh beberapa dosen FTI UBH dan juga Wali Nagari Tiku 5 Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara Kab Agam.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau dan sekaligus mengidentifikasi proses pembuatan minyak serai wangi mulai dari perkebunan sampai mesin pengolahannya.

Rombongan diterima oleh Wali Nagari Talu, Sidro Hakimi, S.Pd., dan perangkat nagari lainnya di Aula Kantor Wali Nagari Talu.

Kegiatan diawali dengan diskusi bersama wali wagari, kelompok petani serai wangi, serta pengusaha minyak serai wangi. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan survei ke kebun dan pabrik pengolahan minyak serai wangi.

Dalam diskusi tersebut, Taufik Adrian selaku ketua Asosiasi ATSIRI Pasaman Barat,mengungkapkan bahwa perlunya peningkatan kualitas dan efisiensi pengolahan minyak serai wangi agar memiliki nilai keekonomian yang tinggi.

Demikian juga perlu dikembangkan produk hilirisasi berbahan baku minyak serai wangi yang berkualitas dan masuk ke pasar global sebagai industri rumah tangga.

Hidayat mengungkapkan bahwa FTI memiliki berbagai jurusan yang siap menghadapi pasar kerja, seperti Jurusan Teknik Kimia yang mengorientasikan pemahaman mahasiswa kepada pengembangan bermacam-macam produk hilir minyak asiri; Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro berorientasi untuk peningkatan kualitas proses pengolahan, serta jurusan Teknik Industri dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan untuk kemasan dan marketing ala modern.

Kunjungan tersebut merupakan follow up dari hasil pertemuan Mardios, Wali Nagari Tiku 5 Jorong, dengan Tim FTI sebelumya yang ketuai oleh Mirza Zoni beserta anggota Zulfadli, Erti Putri, Dessy Mufti, Riska Amelia, dan Arnita sekitar dua minggu yang lalu di Nagari 5 Jorong.

Direncanakan, kerja sama FTI UBH, Nagari Tiku 5 Jorong, dan Nesi Harmita Anggota Komisi III DPRD Agam akan mengembangkan usaha minyak serai wangi guna meningkatkan ekonomi bagi warga Nagari Tiku 5 Jorong Kec. Tanjung Mutiara dan sekitarnya. (**Red/Humas/FTI/Hidayat)

Dilihat 1827 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media