Mahasiswa KKN TPB Covid-19 Universitas Bung Hatta Gagas Gerakan Gotong Royong di Batam
11 September 2020
Bunghatta.ac.id. Indah Fadhila Mahada, Mahasiswa KKN TPB Covid-19 dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL ) Kelompok KKN 31 Dr. Eril Syahmaidi, M. Pd.

Ia menggagas gerakan gotong royong, "Rakyat Bantu Rakyat" untuk memutus tali penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dengan tetap melibatkan pemerintah daerah, lembaga usaha, akademisi, masyarakat, dan media secara daring di Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam.

Kegiatan itu dilakukan dengan 5 program kerja yang bersangkutan dengan pencegahan Covid-19, salah satunya berkaitan dengan program studi yang diambil.

Sosialiasasi secara daring juga dilakukan secara bertahap dengan memberikan edukasi tentang pencegahan dan penyebaran Covid-19 serta bagaimana beradaptasi dengan kehidupan New Normal.

Kemudian, hasil peta yang sudah dibuat sebagai program kerja yang berkaitan dengan prodi ini bersumber dari Peta RBI Bakosurtanal dan Dinas Kesehatan Kota Batam dan dibuat menggunakan aplikasi ArcGis yang menerangkan bahwa zona merah di Kota Batam kian melabar. 6 Kecamatan di Kota Batam sudah masuk zona merah, khususnya Kecamatan Batam Kota dengan 49 Kasus Covid-19 (data per 31 Agustus 2020)

Hal ini dikarenakan adanya penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktifitas sehari-hari sehingga hal ini memungkinkan terjadinya pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru.

Ia juga melakukan penyerahan spanduk ke Kelurahan Baloi Permai sebagai bentuk sosialisasi pencegahan Covid-19. Spanduk itu dipasang di pintu keluar-masuk kelurahan tersebut agar setiap masyarakat yang datang dapat mengetahui. Dengan harapan, adanya edukasi pencegahan Covid-19, hal ini dapat menekan penyebaran Covid-19 di Kota Batam. (**Rio/Humas)

Dilihat 254 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media