Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Universitas Bung Hatta Sukses Selenggarakan Seminar Internasional Secara Virtual
Sabtu, 12 September 2020 Informasi Kampus

Universitas Bung Hatta Sukses Selenggarakan Seminar Internasional Secara Virtual

Universitas Bung Hatta sukses menyelenggarakan kegiatan seminar internasional secara virtual, yang diberi nama "Engineering Science & Technology International Conference (ESTIC)". Seminar ini diselenggarakan di Fakultas Teknologi Industri, Rabu (09/10/2020).
Seminar internasional ESTIC yang kelima (The 5th ESTIC 2020) ini diselenggarakan dalam format webinar melalui teleconference Zoom dan juga disiarkan secara langsung melalui platform Youtube Live,

Sebagai tema, panitia merumuskannya dengan tajuk "Applied Technology for Sustainable Development". Berbagai topik yang dibicarakan, antara lain sistem informasi, teknik lingkungan, arsitek, teknik industri, teknik kimia, mesin, dan elektro.

Dalam The 5th ESTIC 2020, diundang lima orang ilmuwan dari universitas terkemuka tanah air dan luar negeri sebagai pembicara, seperti Prof. Dr. Masato Tominaga dari Universitas Saga (Jepang), Prof. Dr. Kamaruzzaman Sopian dari Universitas Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Prof. Dr. Tresna P. Soemardi dari Universitas Indonesia (Indonesia), Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti dari Universitas Bung Hatta (Indonesia), Prof. Iwan Vanany, ST., MT., Ph.D. dari Institute Teknologi Sepuluh November (Indonesia).

Ketua panitia, Dr. Burmawi, ST., M.T. dalam laporannya menyampaikan bahwa lebih dari 100 artikel yang masuk, namun hanya 50 artikel yang lolos review dan layak dipresentasikan secara online kepada partisipan dan publik.

Seminar Internasional ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta yang diwakili oleh wakil Rektor I Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Hendra Suherman, S.T., M.T.

"Penerapan teknologi yang tepat guna dalam mengejar kemajuan di berbagai bidang sangat penting, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Tentunya, keterlibatan teknologi sangat dibutuhkan. Di sisi lain, kita dituntut untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang membawa banyak perubahan dalam waktu cepat; banyak disiplin ilmu yang kemudian membutuhkan peran serta dari penerapan teknologi yang tepat guna,"sebut Prof. Hendra Suherman.

Sementara itu, Budi Sunaryo, S.T., M.T. dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) yang juga dosen Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) Universitas Bung Hatta dipercaya sebagai Host yang memandu pelaksanaan seminar secara keseluruhan.
Sesi panelis The 5th ESTIC 2020 diisi dengan presentasi dari masing-masing invited speakers dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh dua orang moderator dari Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta yaitu Dr. Ir. Indra Nisja, M. Sc. dan Zulfadli, S. Kom., M. Sc.

Partisipan nampak sangat antusias mengikuti. Hal. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada invited speakers, sesi panelis ditutup dengan foto bersama sebelum kemudian dilanjutkan dengan sesi parallel yang membagi partisipan kedalam empat ruangan kecil dimana setiap ruangan diisi oleh puluhan peserta, seminar semakin bertambah menarik ketika adanya kompetisi dengan kategori Best Presenter yang dipilih melalui sistem kredit atau poin.

Terakhir, penutupan dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Dr. Burmawi, S.T., M.T. Beliau menyampaikan terima kasih untuk semua yang terlibat, baik itu keynote speakers dan peserta, terutama untuk para panitia yang telah menyelenggarakan seminar Internasional the 5th ESTIC 2020 ini dengan baik.

"Suksesnya kegiatan seminar Internasional ini merupakan bagian dari upaya Universitas Bung Hatta untuk menjadi World Class University; bertransformasi menjadi universitas yang lebih maju tidak hanya dilevel nasional, tetapi juga Internasional dengan salah satunya melalui seminar Internasional dan jurnal bereputasi,"tutupnya. (**Rio/Humas)