Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Rektor Secara Resmi Buka Rapat Kerja dan Anggaran Tahunan 2020
Senin, 12 Oktober 2020 Informasi Kampus

Rektor Secara Resmi Buka Rapat Kerja dan Anggaran Tahunan 2020

Senin (12/10/20), secara resmi Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A., membuka Rapat Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) untuk pelaksanaan di tahun 2021. Kegiatan itu dilaksanakan secara virtual di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I.

Secara langsung, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, H. Masri Hasyar, S.H., Ketua Badan Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Dr. Boy Yendra Tamin, S.H., M.H., para tim perumus, dan tim anggaran.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta mengatakan bahwa di tahun 2020 ini Universitas Bung Hatta telah berhasil meraih peringkat ke-83 secara nasional dan merupakan PTS terbaik se-Sumatra dalam klasterisasi perguruan tinggi se-Indonesia. Hal ini dinilai pada 4 indikator, yaitu indikator input, output, proses, dan outcome. Indikator input adalah mutu sumber daya manusia dan mahasiswa; indikator proses ditentukan oleh pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi. Capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi adalah indikator output dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi sebagai indikator outcome. Ke depan, dengan disusunnya lembar kerja untuk anggaran 2021, diharapkan program-program yang direncanakan ini akan dapat meningkatkan rangking Universitas Bung Hatta di tingkat nasional.

"Ke depan, juga ditargetkan beberapa prodi di Universitas Bung Hatta untuk meraih akreditasi internasional IABEE. Soal kerja sama dengan institusi luar perguruan tinggi juga harus ditingkatkan, seperti dengan UiTM,"lanjut Prof. Tafdil Husni.

Senada dengan hal itu, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, H. Masri Hasyar, S.H., juga mengatakan bahwa hasil RKAT yang disusun selama beberapa hari ini akan didiskusikan kembali di tingkat yayasan.

"RKAT sangat penting dan harus disahkan. Penguatan kelembagaan berbasis teknologi informasi dan sumber daya manusia adalah target yang harus direncanakan dengan baik berdasarkan kebutuhan dan kemampuan dan berpedoman kepada pendapatan lembaga,"imbuhnya.

Setelah pembukaan ini, kegiatan di hari berikutnya dilanjutkan dengan Sidang Pleno II, yang akan dilaksanakan di tingkat fakultas.(**Rio/Humas)