Dr. Hendra Hidayat, S.Pd,M.Pd, Doktor Baru PGSD Universitas Bung Hatta
Selasa, 03 Mei 2016
Dr. Hendra Hidayat, S.Pd,M.Pd dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta berhasil menyelesaikan program doktoralnya di Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada 28 April 2016 lalu.Dengan judul disertasi Pengembangan Model Instruksional Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Elektronika Daya Program Studi Teknik Elektro Industri yang dibimbing oleh Prof. Nizwardi Jalinus, M. Ed dan Prof. Ganefri, Ph.D.
Hendra Hidayat berdasarkan analisis kebutuhan pada studi pendahuluan, ditemukan model instruksional pada Elektronika Daya di Jurusan Teknik Elektro Industri tidak efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Model Instruksional Berupa Model Instruksional Berbasis Produk yang valid, praktis dan efektif.
Kondisi program instruksional dianalisis untuk mengidentifikasi kelemahan dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini termasuk pada penelitian yang mengembangkan dan menghasilkan model instruksional berbasis produk, ujarnya.
Ia menggunakan teknik analisis data berupa Uji Koefisien Konkordansi Kendall W untuk validitas konstruk, Uji Aikens V untuk validitas konten dan teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan efektifitas model instruksional berbasis produk.
Untuk mengukur validitas produk dilakukan uji pakar dan Focus Group Discussion, sedangkan untuk kepraktisan dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk anket kepraktisan produk pada praktikalitas model juga dilihat peningkatan aktifitas mahasiswa, paparnya pria kelahiran Tanjung Pinang pada 5 Maret 1987.
Kemudian untuk melihat efektifitas produk dilakukan uji coba eksperimen, dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Postest Design, pada aspek kognitif. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi dalam bentuk rubrik penilaian, tambahnya.
Menurut Hendra yang merupakan Kepala Pustikom Universitas Bung Hatta ini, hasil penelitian yang diperoleh yaitu validitas sintaks dan Model Instruksional Berbasis Produk dinyatakan valid pada aspek konstruk, aspek isi, aspek penyajian.
Begitu juga dengan satuan acara pembelajaran dan validitas jobsheet pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian dan aspek format serta validitas business plan pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian dan aspek format, sebut Hendra yang merupakan doktor termuda di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.
Ia juga mengatakan untuk praktikalitas Model Instruksional Berbasis Produk berdasarkan respon dosen dan mahasiswa dinyatakan sudah praktis dan peningkatan aktifitas belajar serta efektivitas Model Instruksional Berbasis Produk dinyatakan efektif dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotor, juga membantu menumbuhkan minat dan semangat kewirausahaan mahasiswa melalui pembuatan business plan.
Nantinya Model Instruksional Berbasis Produk dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran di pendidikan kejuruan dan vokasional, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi dan semangat kewirausahaan mahasiswa, tutupnya. (*