7 April 2018
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta kembali melaksanakan prosesi Wisuda Akademik yang ke-69 dengan jumlah sebanyak 783 lulusan magister, sarjana dan ahli madya di Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (07/04/2018) .

Pada Wisuda Akademik ke-69 ini terdiri terdiri dari 29 magister, 729 sarjana, dan 25 ahli madya. Dengan sebaran per fakultasnya, 184 wisudawan untuk Fakultas Ekonomi, 180 wisudawan untuk Fakultas Hukum, 169 wisudawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kemudian Fakultas Ilmu Budaya sebanyak 26 wisudawan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan berjumlah 122 wisudawan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak 20 wisudawan dan Fakultas Teknologi Indusri berjumlah 53 wisudawan.

Untuk wisudawan terbaik program sarjana tingkat Universitas adalah Nadya Yolanda Putri lulusan Program Studi Ilmu Hukum (Hukum Perdata) dengan IPK 3,97 Predikat lulus dengan pujian. Sementara lulusan terbaik pada Program Magister (S2) Ripi Hamdani dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,98 predikat lulus dengan pujian.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A., menyampaikan Universitas Bung Hatta telah menyelesaikan Rencana Induk Pengembangan (Renip) Universitas dari tahun 2018-2045. Rencana induk pengembangan atau Renip ini sangat penting dan harus dimiliki oleh suatu perguruan tinggi. Universitas Bung Hatta bersyukur telah menyelesaikanya.

Universitas Bung Hatta pada tahun 2018 sudah berumur ke 37 tahun dan memasuki tahap pengembangan 30 tahun kedua. Renip Universitas Bung Hatta tahun 2018-2045 disusun berdasarkan pemikiran melangkahlah pertama kali dengan pijakan yang tepat, benar untuk sampai ke tujuan.

Seluruh unit satuan kerja Universitas Bung Hatta wajib menjadikan dokumen ini sebagai rujukan pokok dalam menjalankan masing-masing dungsi manajemen, atau sebagai panduan dalam perumusan program kerja dalam Renstra lima tahunan dan rencana operasi (Renip) tahunan.

Dari Renip ini akan terlihat bagaimana perkembangan Kampus Proklamator ini tiap periodenya. Selanjutnya, Universitas Bung Hatta sedang merampungkan Rencana Strategis tahap satu tahun 2018-2022. Ini penggalan pertama dari penjabaran Renip Universitas Bung Hatta.

Pengembangan Universitas Bung Hatta empat tahun ke depan, harus meletakkan skala prioritas agar prodi-prodi unggulan memperoleh akreditasi A dari BAN PT dan apabila prodi tersebut sudah mendapat akreditasi A, langkah selanjutnya kita akan berusaha mendapat pengakuan internasional.

“ Wisuda merupakan bentuk pertanggungjawaban Universitas Bung Hatta kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selanjutnya, para wisudawan akan memasuki tahapan baru dalam kehidupan sebagai alumni Universitas Bung Hatta. Status sebagai alumni Universitas Bung Hatta akan melekat selamanya kepada para wisudawan,” sebutnya

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, M.Sc menyampaikan era sekarang perguruan tinggi harus menyimak bagaimana modern science menampakan sosoknya. Para peneliti akan berusaha untuk tahu dari segala apa yang belum mereka ketahui. Apa saja tanpa limit, ilmu berkembang pesat dan menakjubkan. Untuk itu dosen dan guru besar harus bekerja keras untuk menjadi yang terbaik. Terus melakukan inovasi dalam melaksanakan riset-risetnya.

“Hari wisuda adalah hari yang sangat membahagiakan bagi kita semua. Kita boleh ungkapkan sebagai hari bersyukur. Waktu akan sangat memberi makna, untuk melangkah maju. Jangan sia-siakan. Tetap memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X, Yandri A, SH, MH mengatakan era globalisasi dewasa ini, telah banyak mempengaruhi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara rakyat Indonesia. Kita harus memahami bahwa globalisasi akan banyak membawa perubahan, tapi kita juga harus memanfaatkan globalisasi ini menjadi faktor untuk meningkatkan daya saing bangsa, mulai dari kualitas SDM dan penguasaan IPTEK.

“Universitas Bung Hatta sebagai perguruan tinggi terbaik di Kopertis Wilayah X dan memperoleh peringkat ke-71 perguruan tinggi terbaik nasional. Menunjukan Universitas Bung Hatta sebagai peguruan tinggi yang berkualitas. Jumlah doktor yang cukup banyak dan kualitas kinerja penelitian,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan Universitas Bung Hatta telah membuktikan manfaat keberadaannya kepada pemerintah daerah dan masyarakat dengan pengabdian yang dilakukan oleh para lulusannya di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan kepada pimpinan, pengurus yayasan beserta seluruh sivitas akademika untuk memikirkan langkah-langkah terobosan ke deapan yang harus ditempuh agar peningkatan kualitas secara terencana.

“Selama kepada seluruh wisudawan Universitas Bung Hatta yang telah menyelesaikan tahapan pendidikan lebih tinggi ini. Jadikan keberhasilan ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang. Setidaknya akan ada 3 pilihan setelah wisuda ini, yakni mencari kerja, menciptakan lapangan kerja atau melanjutkan studi,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 1391 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media