16 April 2018
Bunghatta.ac.id. Universitas Bung Hatta akan segera membangun masjid yang bertempat di Kampus Proklamator II, Aie Pacah, Padang. Pembangunan masjid ini ditandai dengan kegiatan peletakan batu pertama oleh Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. H. Zuiyen Rais, M.S., Wakil Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd dan Keluarga Besar Banoeidah, Senin (16/04/2018).

Ketua Pelaksana Pembanguan Masjid Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Dr. Martalius Peli, S.T., M.Sc., menyampaikan bangunan masjid ini diberi nama Masjid Banoeidah Universitas Bung Hatta, sesuai dengan permintaan dari hamba Allah yang telah memberikan sebagaian rezekinya untuk membangun masjid ini.

“Sesuai dengan masterplan pengembangan Kampus Proklamator II ini, lahan yang diperuntukan untuk masjdi seluas 6000 m2 yang terdiri dari bangunan masjid, menara, lahan parkir, taman dan kolam yang berfungsi juga sebagai tempat penampungan banjir,” sebutnya.

Ia mengatakan rencana pembangunan masjid ini secara keseluruhan diperkirakan akan membutuhkan dana kurang lebih Rp. 6,5 M dan pelaksanaan pembangunannya diakukan secara bertahap. Untuk tahap awal dibangun bangunan masjid yang sudah dapat digunakan sementara. Kemudian untuk tahap penyelesaiananya berupa lantai dan dinding granit luar serta oranamen masjid belum dilaksanakan.

“Lahan untuk masjid seluas kurang lebih 2.500 m2 yang terdiri dari area bangunan 740 m2, WC dan tempat wudhu pria dan wanita masing-masing 52 m2, ruangan garin 15 m2 dan gudang 15 m2. Untuk tahap kedua berupa penyelesaian pekerjaan finishing. Tahap ketiga untuk penyelesaian perkerasan jalan, pesestrian dan menara masjid. Kemudian tahan terakhir untuk pengerjaan taman dan kolam,” tambahnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA, mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Keluarga Besar Banoeidah. Kegiatan peletakan batu pertama masjid ini, menjelang juga perayaan Dies Natalis Universitas Bung Hatta ke-37 pada 20 April 2018 mendatanh. Hal ini menjadi anugerah dan patut disyukuri.

“Universitas Bung Hatta memiliki 3 program unggulan yang diberikan kepada mahasiswa secara gratis yaitu pelatihan bahasa Inggris, pelatihan IT dan pembinaan akhlak mulia. Dengan demikinan Universitas Bung Hatta akan melahirkan Bung Hatta-Bung Hatta muda yang berakhlak mulia, cakap berbahasa asing dan menguasai IT,” imbuhnya.

Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Drs. H. Zuiyen Rais, M.S., menambahkan juga rencana pembangunan masjid di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta ini sudah masuk ke dalam masterplan pengembangan Kampus Proklamator II dan Rencana Induk Pengembangan Universitas Bung Hatta 2018-2045.

Sementara itu, salah satu Keluarga Besar Banoeidah menyampaikan Universitas Bung Hatta merupakan perguruan tinggi ternama yang tidak hanya dikenal di Sumatra Barat, tapi juga di Indonesia. Telah melahirkan lebih dari 40 ribu lulusan yang tersebar dimana-mana dan dengan beragam pekerjaaannya. Dengan adanya masjid ini dapat juga membantu program Universitas Bung Hatta untuk mendukung kepenting pendidikan dan kemajuan bangsa agar melahirkan generasi yang religius.

Peletakan batu pertama Masjid Banoeidah Universitas Bung Hatta ini juga dihadiri perwakilan dari Pemerintahan Kota Padang, MUI Sumatra Barat dan Kota Padang, Rektor Universitas Negeri Padang Pimpinan Universitas Bung Hatta dan tokoh masyarakat di Aie Pacah Padang.

Dilihat 1441 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media