Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
Rektor Universitas Bung Hatta Buka Pembekalan Mahasiswa KKN-PPM 2018
Sabtu, 21 April 2018 Informasi Kampus

Rektor Universitas Bung Hatta Buka Pembekalan Mahasiswa KKN-PPM 2018

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Umum Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Hatta tahun 2018 yang diikuti sebanyak 1230 mahasiswa di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Prokamator I Universitas Bung Hatta pada 21 April 2018.

Indra Khaidir, ST, M.Sc, Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta tahun 2018 menyampaikan KKN-PPM tahun ini merupakan penyelenggaraan KKN untuk periode ke-8 di Universitas Bung Hatta yang berlangsung dari 6 Agustus 2018 hingga 6 September 2018 mendatang. Kegiatan KKN-PPM ini rutin tiap tahunnya dan merupakan mata kuliah yang masuk ke dalam kurikulum dengan bobot 4 sks, sehingga wajib diikuti oleh semua mahasiswa di Universitas Bung Hatta.

“Semua peserta KKN-PPM ini akan disebar ke 41 kenagarian di enam Kabupaten yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam. Setiap kenagarian, mahasiswa KKN-PPM akan didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan 1 orang dosen Kordinator Lapangan per kabupaten,” imbuhnya.

Ia juga menyampaiakn selain mahasiswa, dosen pendamping lapang dan kordinator kabupaten/kota juga mengikuti pembekalan agar lebih terkoordinir dan dapat sejalan saat pelaksanaan KKN di lapangan. Pembekalan ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa sebelum diterjunkan ke lapangan. Pembekalan ini memiliki bobot penilaian 25 % dari nilai total KKN-PPM. Mahasiswa harus lulus ujian pembekalan umum ini dengan nilai minimal B. Pembekalan ini berlangsung dari tanggal 21- 22, 28- 28 April dan 5-6 Mei 2018.

"Pengelola menghimbau agar para mahasiswa serius untuk mengikuti pembekalan ini dan menghimbau untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanan KKN dan yang lainya mahasiswa dapat terus mengunjungi website kkn.bunghatta.ac.id, grup Facebook Posko KKN-PPM UBH 2018 dan Twitter/Instragram@beritabunghatta," tambahnya.

Dr. Ir. Abdullah Munzir, M.Si, Ketua LPPM Universitas Bung Hatta mengatakan pelaksanaan KKN-PPM Universitas Bung Hatta melalui proses yang panjang dan terus dievaluasi tiap periodenya, sehingga nantinya tiap tahunya akan terus lebih baik. Pelaksanaan monitoring KKN-PPM, tidak saja dimulai saat pelaksanaan dan sesudahnya, tapi mulai dari awal perencanaan pun sudah dimonitoring.

“KKN-PPM ini dapat membangun citra positif bagi kampus sekaligu impementasi tridharma perguruan tinggi. Di samping itu juga sangat berdampak besar di masyarakat. Tentunya semua kalangan harus saling bersinergi untuk dapat menyukseskan program KKN-PPM,” tambahnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA menyampaikan KKN-PPM merupakan mata kuliah sehingga akan ada nilai dan poses pembelajarannya. Mahasiswa yang mengikutinya harus serius dan jangan bermain-main selama pembekalan dan selama di lokasi KKN.

“Banyak manfaat yang akan diperoleh ketika terjun di lapangan saat KKN-PPM, selain untuk mengaplikasikan bidang kelimuan yang dipelajari juga sebagai sarana pengembangan soft skill mahasiswa.Tentunya tiap mahasiswa harus menjaga dirinya dan menjaga nama baik almamater karena mahasiswa ini secara tidak langsung menjadi duta Universitas Bung Hatta di tengah masyarakat,” sebutnya.

Dalam pembekalan ini Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA memberikan pengarahan mengenai gambaran dan potensi yang dimiliki kampus, filosofi Program KKN-PPM dan program kerja dijelaskan oleh Indra Khaidir, ST, M.Sc dan materi tentang penilaian dan pelaporan KKN-PPM tahun 2018 dipaparkan oleh Yeasy Darmayanti, SE., M.Si., Ak., CA

Kemudian materi mengenai Pemberdayaan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana bersama Prof.Dr.Ir.Nafrizal Carlo, M.Si. Materi tentang meningkatkan kemampuan entrepreneurship masyarakat melalui Program KKN PPM dengan Drs. Dahnil Aswad, M.S, dan Pembinaan Akhlak Mahasiswa KKN PPM oleh Dr. Firdaus, ST.,MT (**Ubay-Humas UBH)