9 Mei 2018
Bunghatta.ac.id. Sebanyak 12 mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia di Universitas Bung Hatta yang berlangsung selama 2 bulan. Kegiatan mahasiswa asing ini dalam rangka Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dari Kementerian Luar Negeri yang pesertanya berasal dari 12 negara meliputi Vietnam, Thailan ,Laos, Urbeskistan, Serbia, Czech Republik, Mexico, Suriname, russia, Solomon Island, Fiji dan Indonesia dari provinsi Papua.

Hal ini disampaikan oleh Temmy Thamrin, S.S., M.Hum., Ph.D Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama Universitas Bung Hatta saat pengenalan mahasiswa Program BSBI dengan pimpinan Universitas Bung Hatta sekaligus pembukaan pelajaran belajar bahasa Indonesia di Universitas Bung Hatta, Rabu (09/05/2018).

Temmy Thamrin menyampaikan program ini berlangsung selama 3 bulan di empat kota di Indonesia yaitu Malang, Makasar, Bali dan Padang untuk pulau Sumatra. Peserta BSBI ini belajar kesenian dan kebudayaan Minangkabau di Sangar Sofyani dan mengikuti program pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) di Universitas Bung Hatta.

Untuk tim pengajarnya berasal dari Tim pengajar BIPA sendiri. BIPA ini merupakan program dari Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemedikbud RI yang bertujuan tidak hanya mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing, tetapi juga mengolah bahan ajar dan memperkenalkan budaya Indonesia.

“Nantinya ada 4 pengajar yang akan memberikan pelajaran bahasa Indonesia Level A1 setiap minggunya. Diharapkan para mahasiswa Program BSBI dapat berkomunikasi dan memahami bahasa Indonesia dengan baik serta menjadi duta dalam memperkenalkan budaya Indonesia khususnya Minangkabau ketika kembali ke negara asalnya,” imbuhnya.

Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika menyambut baik program ini karena mahasiswa Universitas Bung Hatta dapat juga berinteraksi pengguna bahasa Inggris aktif terutama bagi mahasiswa dari jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. “Kami berharap mahasiswa program BSBI ini menikmati suasana pembelajaran selama tinggal di Padang. Apalagi saat menikmati masakan Padang yang terkenal sebagai makanan lezat di dunia,” imbuhnya.

Dalam pembukaan program BIPA bagi mahasiswa program BSBI dihadiri oleh Dekan, Dirut Pascasarjana, Kepala BPM, Kepala UPT PPBA dan ketua jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta. (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 468 kali

Navigation

Social Media