11 Mei 2018
Bunghatta.ac.id. Peralihan bisnis konvensional ke digital menuntut semua pihak untuk beradaptasi dengan pola baru karena tuntutan pasar dan perkembangan zaman. Menyikapi hal tersebut, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta memfasilitasi sejumlah mahasiswa di Kampus Proklamator tersebut tentang berbisnis dengan menggunakan konsep digital.

“Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI), akan ada efisiensi modal. Bisnis tetap tanpa modal, bohong rasanya jika bisnis tanpa modal,” ucap Ketua DPP IKA Universitas Bung Hatta Ike Agung di Aula Kampus Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Kamis,(10/05/2018).

Namun itu semua sebut pria flamboyan tersebut tidak akan gampang terlaksana jika mahasiswa dan alumni Universitas Bung Hatta tidak memiliki semangat dan kreatifitas berwirausaha.

“Potensi itu sudah ada, karena beberapa dari alumni sudah kami gandeng dan diberikan modal sebanyak Rp2 juta untuk memulai usaha. Uang sebanyak itu sudah cukup untuk memulai usaha digital (startup, red). Syaratnya mereka harus melek teknologi karena pemasaran mereka ini memanfaatkan sosial media,” paparnya.

Ike mengatakan tidak akan membatasi bagi mahasiswa atau alumni Universitas Bung Hatta calon pengusaha muda untuk memulai atau mendirikan usaha apapun. “Jika nanti mereka berhasil, dana yang sudah kami investasikan kepada mereka harus dikembalikan sebagai indikator keberhasilan bisnisnya dan juga untuk membuktikan kepada calon pengusaha baru lainnya. Kami memberikan durasi waktu setahun bagi pengusaha startup ini untuk bisa mengembangkan usaha mereka,” tuturnya.

Dengan demikian, imbuhnya, para mahasiswa tidak lagi berfikiran arus utama setelah menyelesaikan kuliah hanya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau karyawan.

“Pasar mahasiswa ada 10 ribu, sementara pasar alumni untuk Universitas Bung Hatta ada sekitar 40 ribu dan itu sangat potensial untuk mereka menjadi pengusaha ‘zaman now’, yaitu dengan berbisnis digital,” pungkasnya. (**Humas UBH/redaksisumbar.com)

Dilihat 508 kali

Navigation

Social Media