14 Mei 2018
Bunghatta.ac.id. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wawasan Proklamator Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Diklat Wawasan Proklamator (DWP) dengan mengusung tema Open the World With Your Creativity yang bertempat di Sawung Meeting Dinas Pertanian Lubuk Minturun Padang pada 12-13 Mei 2018.

Ketua Pelaksana, Refnita menyatakan sesuai dengan tema yang diangkat dengan maksudnya agar para peserta dapat buka dunia dengan kreativitasnya. Pada periode kepengurusan kali ini terdapat perbedaan dalam pelaksanaan program kerja yaitunya kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang mana biasanya dilaksanakan setiap minggunya. Tetapi kali ini, PJTD tersebut dilakukan dalam bentuk diklat agar lebih akrab, lebih dekat lagi dengan Calon Anggota (Caang) yang baru.

"Pada diklat ini tetap dimasukkan materi tentang PJTD dan setelah itu Caang akan melaksanakan magang selama 3 bulan disetiap Kampus Universitas Bunghatta dengan bekal yang telah diberikan oleh pemateri pada saat diklat dan tetap semangat dalam menjalani kegiatan ini, tetap komit pada pilihan masing-masing sampai dilantik dan menjabat dikepengurusan WP," lanjut Ref.

Pada hari pertama Caang WP diberikan materi mengenai PJTD dengan materi pengantar jurnalisitk, literasi media sosial dan penulisan berita oleh Bayu Haryanto, S.T Humas Universitas Bung Hatta yang juga Senior UKM Wawasan Proklamator. Kemudian materi mengenai public speaking oleh Giana Rahmadia Nengsih, Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator. Hari keduanya diisi dengan outbound serta penyerahan kartu Calon wartawan (Cawan) kepada masing-masing Caang.

Giana Rahmadia Nengsih Pimpinan Umum UKM Wawasan Proklamator menyebutkan diklat kali ini cukup spesial karena mempersingkat waktu PJTD yang cukup panjang yaitu kurang lebih empat bulan dan ganti dengan program DWP. Jadi jangan sia-siakan kesempatan emas yang kalian miliki saat ini. "Semoga Caang yang mengikuti diklat tetap bertahan hingga akhir proses pelantikan dan dinyatakan resmi menjadi anggota UKM-WP," paparnya.

Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Bung Hatta, Muhammad Fajar Alkadri mengatakan semoga ilmu yang didapatkan dari kegiatan DWP ini bisa bermanfaat bagi para Caang dan bisa mengaplikasikannya dengan baik saat di lapangan nantinya. "Semoga para Caang tidak membuat berita-berita yang bersifat hoax dan berbau sara yang merugikan pihak-pihak tertentu," lanjut Presma dalam sambutannya sekaligus membuka acara DWP.

Leonardus Manaek Gunawan, Canng UKM-WP mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para Caang WP dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, "Semoga kedepannya anggota WP yang hadir dalam kegiatan seperti ini bisa lebih banyak dari yang sekarang," pungkasnya.

Sama halnya dengan Fiola Delfiana, yang juga Caang WP menuturkan bahwa kegiatannya seru, enjoy dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, "Semoga kedepannya antara Crew WP dan Caang bisa berkoordinasi lebih baik lagi agar tidak terjadi miss komunikasi dan juga tidak membuat Caang kaget dengan perubahan schedule," jelas Fiola. (**Humas UBH/Agil WP)

Dilihat 185 kali

Navigation

Social Media