21 Juni 2018
Bunghatta.ac.id. Keluarga Besar Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Halalbihalal dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H dengan mengangkat tema Indahknya kebersamaan dengan silaturahim untuk mempererat ukhuwah dan kembali ke fitrah. Acara ini bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (21/06/2018).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda M.A. menyampaikan, bulan suci Ramadan telah dilalui, telah banyak ibadah dan amalan lainnya yang dilaksanakan. Hendaknya itu dapat terus dijaga setelah bulan puasa ini. Di bulan Syawal ini, mari menyucikan diri dengan saling maaf memaafkan dan menginternalisasikan nilai ketakwaan.

Atas nama pimpinan Universitas Bung Hatta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Masih dalam suasana lebaran yang penuh rahmat dan fitrah ini dapat lebih memperkokoh tali silaturhami antara sesama serta untuk merajut kembali jembatan hati yang telah terjalin agar lebih kuat lagi.

“Mari terus mengamalkan ibadah selama Ramadan, bekerja dengan penuh semangat, kreatif dan terus berinovasi hingga terus meningkatnya loyalitas terhadap institusi. Untuk itu,tetap bekerja cerdas, bekerja keras dan bekerja ihklas dalam memajukan Universitas Bung Hatta yang kita banggakan ini,” imbuhnya.

Wakil Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof. Dr. Nizwardi Jalinus, M.Ed mengatakan bulan Ramadan menjadi latihan bagi umat muslim dalam meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah SWT sehingga memiliki kesucian hati, kejernihan pikiran dan prilaku yang terus baik. Melihat perkembangan zaman yang maju pesat, perguruan tinggi harus melahirkan lulusan yang dapat menguasai keterampilan di revolusi industri 4.0 ini.

“Mahasiswa harus memiliki kemampuan IT, keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan, kemampuan berkomunikasi yang baik dan berbagai keterampilan lainnya yang akan mendukung kompetensi mahasiswa ketika telah lulus kuliah. Mari kita siapkan secara bersama-sama semua ini,” tambahnya.

Pada kegiatan Halalbihalal ini juga terdapat penyampaian tausiah oleh Dr. Zainal Azwar, M.Ag yang diikuti oleh pimpinan struktural, dosen dan kependidikan Universitas Bung Hatta serta Badan Pengurus dan Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

Ia mengatakan halalbihalal menjadi tradisi yang baik secara turun temurun dilaksanakan ketika memasuk bulan Syawal. Momen ini sekaligus untuk saling maaf memaafkan baik lahir dan batin. Selama sebulan penuh berpuasa hendakanya dapat terus mempertahankan nilai ibadahnya yang selama bulan Ramadan telah dikerjakan.

“Semoga kita tidak saja memaafkan dari lisan saja tapi harus bener-bener dari hati. Keikhlasan, kesabaran dan selalu besyukur dengan nikamat yang diberikan-Nya yang menjadi nilai-nilai yang harus dijaga. Jangan sampai selepas bulan Ramadan pergi, nilai-nilai tersebut ikut pergi,” ucapnya. (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 834 kali

Navigation

Social Media