26 Juni 2018
Bunghatta.ac.id. Sebanyak 5 mahasiswa Pusat Kajian Sains Perikanan dan Akuakultur Universiti Malaysia Terengganu melaksanakan program student exchange di Universitas Bung Hatta serta praktik lapangan di beberapa dinas terkait di Sumatra Barat.

Kelima mahasiswa tersebut berasal dari semester 6 yakni, Amir Asyraf Bin Zainudin, Muhammad Haazim bin Ahmad, Mu'ammar Mukhtar bin Mat Darus, Miza Nursyazwin binti Shuamai dan Nabilah Munirah binti Boyborwin.

Mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu ini disabut langsung oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA didampingi oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Ir. Mas Eriza, MP, Kepala BPPK Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT, Kepala LPPM Dr. Ir Abdulah Munzir M.Si Kepala Bagian Promosi dan Kerja Sama Temmy Thamrin, S.S., M.Hum, Ph.D, Kepala Bagian Promosi dan Kerja Sama Temmy Thamrin, S.S., M.Hum, Ph.D serta dosen pendamping Dr. Harfiandri Damanhuri, S. Pi, M.Si di ruang kerjanya, Senin (25/06/2018) sore.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Azwar Ananda, MA mengucapkan selamat datang di Kampus Proklamator ini. Selama mengikuti program ini mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu akan didampingi oleh dosen pendamping dan mahasiswa dari FPIK Universitas Bung Hatta.

“Semoga dengan kedatangan mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu ini dapat belajar lebih banyak mengenai dunia perikanan dan konservasi yang ada di Sumatra Barat serta dapat juga berbagi pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh kuliah di Malaysia,” sebutnya.

Dekan FPIK Universitas Bung Hatta Ir. Mas Eriza, MP menyampaikan selama 2,5 bulan mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu akan berada di Sumatra Barat. Mereka akan belajar, paktik dan meneliti langsung dari alam untuk berbagai bidang yang telah ditentukan seperti konservasi kawasan pesisir, manajemen budidaya perikanan, penangkapan perikanan hingga pengolahan hasil perikanan dan kelautan.

“Program ini merupakan bentuk realisasi dari kerja sama antara Universiti Malaysia Terengganu dan Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sebelumnya 4 mahasiswa dari Universitas Bung Hatta juga telah melaksanakan magang serupa di Malaysia,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator dosen pendamping mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu Dr. Harfiandri Damanhuri, S. Pi, M.Si menambahkan untuk bidang konservasi, mahasiswa tersebut, akan ikut terlibat dalam kegiatan dan Program UPT Konservasi Penyu Parimaman mulai dari kegiatan Konservasi Penyu dari hulu sampai ke hilir. Ikut terlibat dalam kegiatan Konservasi Mangrove dan Ekosistem, mulai dari pembibitan sampai penanaman serta monitoring.

Kemudian akan ikut dalam kegiatan menyelam di Reef Garden Zone untuk kondisi kesehatan karang hasil transplantasi yang akan didampingi oleh anggota tim TDC Kota Pariaman dan beberapa.mahasiswa FPIK Universitas Bung Hatta yang sudah memiliki lesensi dan tersertifikasi sebagai seorang penyelam.

“Program Magang mahasiswa Internasional ini merupakan langkah awal, babak baru kerjasama stakeholders dan antar perguruan tinggi yang kita harapkan akan menjadi agenda utama yang berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)



Dilihat 480 kali

Navigation

Social Media