2 Juli 2018
Bunghatta.ac.id. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekomomi Universitas Bung Hatta bersama Bank Indonesia Institute menyelenggarakan Seminar Nasional Ekonomi Digital dengan tajuk Pemanfaatan Ekonmi Digiatal dalam Pembangunan Daerah dan UMKM. Kegiatan ini bertempat di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat, Senin (02/07/2018).

Seminar nasional ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Dr. A. Farid Aulia dari Direktur Bank Indonesia Institute, Bapak Miftachul Choiri dari Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran (Financial Technology Office) Bank Indonesia dan Bapak Ginanjar Ibnu Solikhin praktisi yang bergelut di bidang ekonomi digital.

Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekomomi Universitas Bung Hatta Dr. Erni Febrina Harahap, SE, M.Si menyampaikan seminar ini merupakan program kerja jurusan untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan bagi mahasiswa terkait hal-hal keilmuan yang berkembang saat ini.

“Kemudian kegiatan ini juga untuk memperkuat kerja sama yang terjalin selama ini. Semoga seminar ini dapat menjadi menginspirasi mahasiswa dalam melihat perkembangan teknologi saat ini,” sebutnya.

Pperwakilan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat Bapak Bimo Epyanto mengatakan bicara ekonomi digital, maka berbicara fenomea yang terjadi saat ini dan sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia dari hal yang sederhana hingga yang komplek. Misalnya ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya atau membeli kebutuhan untuk makan dan minum yang sudah menggunakan teknologi.

“Pemanfaatan teknologi digital dapat memberikan banyak kemudahan. Namun, ini menjadi seperti mata pisau bermata dua. Untuk itu, Bank Indoensia sebagai regulator sistem pembayaran dan keuangan perlu mengatur hal tersebut dalam memitigasi risiko yang akan terjadi,” imbuhnya.

Kemudian, Wakil Rektor I Universitas Bung Hatta Dr. Hendra Suherman, ST, MT menyebutkan, seminar menjadi kegiatan yang umum dilaksanakan di perguruan tinggi, karena aktivitas ini mampu mengelaborasi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi sehingga nantinya dapat bermanfaat dan diaplikasikan di masyarakat.

“Dengan seminar ini hendaknya dapat lahir terobosan-terobosan baru dan solusi terkait berbagai permasalahan yang ada sehingga dapat dipecahkan dengan baik, efisien dan efektif,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 250 mahasiswa dan dosen Fakutas Ekonmi Universitas Bung Hatta, UIN Imam Bonjol, Unand dan UNP. (**Ubay-Humas UBH)

Dilihat 600 kali

Navigation

Social Media