4 Agustus 2018
Bunghatta.ac.id. Sabtu (4/8/18), secara resmi, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A., melepas 1247 mahasiswa KKN Internasional Universitas Bung Hatta untuk diturunkan ke 41 nagari dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata—Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2018. Di samping itu, 5 mahasiswa dari Pusat Kajian Sains Perikanan dan Akuakultur Universiti Malaysia Terengganu juga akan diturunkan dalam KKN Internasional sebagai student exchange dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta.

“Program KKN-PPM ini disamping sebagai matakuliah dalam kurikulum, juga sarana melatih diri sendiri dan melatih orang lain. KKN-PPM ini juga sebagai penerapan atas ilmu yang dipelajarinya di kelas. Di samping menerapkan ilmu, mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan bidang usahanya,”kata Rektor Universitas Bung Hatta usai membuka secara resmi pada kegiatan tersebut.

“KKN-PPM Universitas Bung Hatta berangkat dari fenomena dan kebutuhan masyarakat. Program ini dipersiapkan untuk mengembalikan generasi muda kepada adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. . Mereka dipersiapkan untuk menjadi calon leader di tengah masyarakat. Ide-ide yang terbaru dalam pengaplikasian kegiatan di lapangan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, baik dari segi agama, ekonomi, hukum, pendidikan, teknologi, dan budaya,”sambung Ketua Pengelola KKN-PPM Universitas Bung Hatta Tahun 2018, Indra Khaidir, S.T., M. Sc.

Terkait dengan mahasiswa asing, sebagaimana yang disampaikan Ketua Pengelola KKN-PPM pada kesempatan yang lalu (via Ubay), "Mahasiswa KKN Internasional tersebut akan ditempatkan di Nagari Tiku Selatan bersama dengan mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta. Mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu ini juga tengah mengikuti program magang dan student exchange di Universitas Bung Hatta selama 2,5 bulan sejak bulan Juni lalu. Program ini juga sebagai bentuk implementasi dari pelaksanaan MoU antara kedua institusi ini.”

Lebih lanjut dikatakan Ketua Pengelola, “KKN untuk periode ke-8 ini berlangsung dari tanggal 6 Agustus sampai dengan 6 September 2018 mendatang. Kegiatan KKN-PPM ini rutin setiap tahunnya dan merupakan mata kuliah yang masuk ke dalam kurikulum dengan bobot 4 sks sehingga wajib diikuti oleh semua mahasiswa di Universitas Bung Hatta," terangnya.

Di tahun 2018 ini, terdapat enam daerah yang menjadi lokasi KKN-PPM Universitas Bung Hatta, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam. Pada setiap kenagarian, mahasiswa KKN-PPM akan didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan 1 orang dosen Kordinator Lapangan perkabupaten yang akan diantarkan pada hari Senin, 6 Agustus 2018. (Rio)



Dilihat 744 kali

Navigation

Social Media