5 September 2018
Bunghatta.ac.id. Pagi cerah. Udara Kota Padang sejuk sekali. Di tengah cuaca yang cerah dan sejuk itu pula, sebuah berita bahagia datang bagi seluruh civitas akademika Universitas Bung Hatta (5/9). Berkat rahmat Allah Swt, berdasarkan SK No. 2424/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018, Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, berhasil mendapat peringat akreditasi A.

Sebagai keunggulan Prodi PSP, Sarjana Prodi PSP (S1) dapat bekerja sebagai pengelola/manajer perikanan tangkap dan industri pengolahan, pendidik dan penyuluh perikanan, peneliti, pelayan publik dan administrator, pengawas dan observer perikanan.

Sementara itu, kompetensi Program Sarjana Prodi PSP (S1) dalam bidang keahlian dan IPTEK, antara lain mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Kemudian, mahasiswa mampu dan terampil menentukan jenis alat dan metode penangkapan ikan. Selanjutnya, mahasiswa mampu dan terampil dalam memanfaatkan sistem informasi geografis untuk pemetaan daerah penangkapan ikan; mahasisa mampu menguasai prinsip kewirausahaan berbasis industri penangkapan ikan; mampu menguasai konsep dan terampil dalam bidang teknologi pengolahan yang berwawasan lingkungan; mampu dan terampil dalam mengkomunikasikan gagasan dan pengetahuan bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan secara lisan dan tulisan.

Dalam hal penguasaan konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus, mahasiswa Prodi PSP FPIK Universitas Bung Hatta mampu menguasai konsep, prinsip dan terampil dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Mahasiswa mampu menguasai berbagai metode pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan. Kemudian, mahasiswa mampu mengusai konsep dan terampil dalam membuat perencanaan strategik dan administrasi di bidang pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan. Mahasiswa mampu dan terampil membuat perencanaan starategik dan program kerja, pengembangan potensi serta pemecahan masalah dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan. Mahasiswa mampu dan terampil dalam mendorong terwujudnya ekonomi kerakyatan, serta pengelolaan dan pemanfaaatan sumberdaya perikanan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Terakhir, mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan pelayanan administrasi dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan.

Selamat PSP dan FPIK Universitas Bung Hatta!
(Rio)

Dilihat 808 kali

Navigation

Social Media