21 Januari 2020
Bunghatta.ac.id. Bertempat di Ruang Sidang Rektor, Kampus 1 Ulak Karang, Padang, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta bersama jajarannya dengan didampingi oleh panitia seleksi dan rektor beserta jajarannya mengadakan konferensi pers terkait seleksi bakal calon rektor definitif masa jabatan 2020-2024.

"Kami sudah membentuk panitia seleksi untuk proses pemilihan rektor agar dapat berjalan dengan baik,"kata H. Masri Hasyar, S.H., Ketua Badan Pengurus YPBH.

Tim panitia seleksi terdiri atas Prof. Dr. Nizwardi Jalius (Ketua Pansel), Dra. Susi Herawati, M. Pd. (Wakil Pansel), Hendra Kusuma, S. Pi., M. Si. (Sekretaris), Drs. Riswandi, M. Si. (Anggota).

Seleksi ini terbuka untuk dosen, baik dari eksternal maupun internal Universitas Bung Hatta. Calon internal berasal dari dosen tetap dengan syarat dan ketentuan, antara lain bergelar doktor, memiliki kemampuan dan pengalaman manajerial, entrepreneurship yang memadai, pernah memiliki jabatan pimpinan sekurang-kurangnya wadek (internal). Sementara itu, dari pihak eksternal, bakal calon rektor disyaratkan memiliki rekam jejak minimal pernah menjadi dekan.

Peserta yang menjadi bakal calon rektor harus bersedia menyerahkan pokok pikiran tentang tata kelola bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Bung Hatta.

Proses seleksi dilakukan melalui tahapan wawancara, psikotes, dan tes kompetensi. Pansel membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memenuhi syarat.

26 Februari 2020, diharapkan hasil ini sudah akan diperoleh dengan dilantiknya rektor baru.

Ketua Tim Seleksi Pemilihan Bakal Calon Rektor UBH, Prof. Nizwardi Jalius mengatakan bahwa saat ini proses pengangkatan rektor berubah dari 'pemilihan' ke 'seleksi'. Setelah dilakukan verifikasi data oleh tim seleksi administrasi, tes kompetensi dilakukan oleh senat UBH. Sementara itu, tes psikologi dilakukan oleh pihak eksternal.

Memang, dari sisi internal, bakal calon rektor diharapkan dapat memaksimalkan diri mengingat bahwa ia telah mengenal lebih banyak tentang isi universitas. Dari pihak eksternal, juga diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk mencalonkan diri dengan pertimbangan berdasarkan integritas dan izin dari lembaganya. Seleksi ini tentu mengedepankan objektivitas bagi masing masing calon.

Penerimaan pendaftaran dimulai tanggal 21-27 Januari 2020, tanggal 28-29 Januari dilakukan proses seleksi administrasi. Kemudian, senat melakukan tes kompetensi bagi bakal calon rektor pada 6 Februari 2020. Seleksi akhir akan dinilai oleh badan pengurus dan tim independen pada 12-13 Februari 2020. Dengan demikian, panitia seleksi akan mengirim nama-nama bakal calon rektor ke pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Drs. H. Zuiyen Rais, M.S., untuk ditentukan sebagai rektor definitif Univ. Bung Hatta periode 2020-2024. (**Rio/Humas)

Dilihat 636 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media