Darurat COVID-19, Universitas Bung Hatta Beri Bantuan dan Ciptakan Inovasi
29 Maret 2020
Bunghatta.ac.id. Bagikan Sembako Bagi Mahasiswa

Menghadapi situasi darurat COVID-19 di berbagai daerah, termasuk di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang, Universitas Bung Hatta peduli terhadap kondisi para mahasiswanya. Bagi mahasiswa yang masih tetap bertahan tinggal di kos dan mengalami kekurangan bahan pokok makanan, pihak universitas memberikan bantuan berupa sembako.

Kepedulian itu disalurkan oleh pihak Universitas Bung Hatta kepada para mahasiswa yang masih bertahan di kosan dan telah mulai kehabisan stok bahan makanan dan belum mendapatkan kiriman dari orangtua karena gejala ekonomis yang ditimbulkan akibat COVID-19.

Sembako yang terdiri atas bahan pokok, seperti telur, minyak goreng, dan beras disiapkan oleh Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta untuk disalurkan kepada para mahasiswa yang membutuhkan. Para mahasiswa yang telah didata pada setiap fakultas berhak menerima bantuan, lalu mendatangi Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta untuk mengambil bantuan dengan menujukkan kartu tanda mahasiswa secara bergantian.

Terkait dengan bantuan kepada mahasiswa ini, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni mengatakan bahwa hal ini adalah kewajiban dan kepedulian kami terhadap para mahasiswa dan masyarakat yang mengalami dampak COVID-19.

"Bagi mahasiswa yang kehabisan stok bahan makanan dan belum mendapatkan kiriman dari orangtua karena gejala ekonomis yang ditimbulkan akibat COVID-19, Universitas Bung Hatta bersama Yayasan Pendidikan Bung Hatta tetap berkomitmen meningkatkan pelayanan agar mahasiswa yang masih tetap bertahan tinggal di kosan bisa terbantu untuk memenuhi kebutuhan pangan,"imbuhnya.

Untuk kelancaran dan keamanan penyaluran bantuan ini, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, H. Masri Hasyar, S.H., juga menambahkan bahwa pelayanan pengambilan bantuan dapat dilakukan di dua lokasi, yakni Koperasi Keluarga Besar Universitas Bung Hatta di Kampus Proklamator I dan II.

Bagi mahasiswa yang berada di dekat Kampus Proklamator I, dapat mengambil bantuan tersebut di KKB Universitas Bung Hatta Kampus Proklamator I. Sementara itu, bagi mahasiswa yang kontrakan atau kosannya berada dekat dengan Kampus Proklamator II dan III, dapat mengambil bantuan ke KKB Universitas Bung Hatta di Kampus Proklamator II, Aia Pacah.

Pihak Universitas Bung Hatta tetap memantau kondisi kesehatan mahasiswa yang masih tetap di kosan atau kontrakan. Bagi mahasiswa yang merasa kurang sehat direkomendasikan untuk melapor ke posko pelayanan pencegahan COVID-19 terdekat. Sosialisasi dan imbauan agar terhadap tetap #dirumahaja terus dilakukan oleh pihak Universitas Bung Hatta melalui website www.bunghatta.ac.id dan instagram @universitasbunghatta.

Hadapi Covid-19, Prodi Teknik Kimia Ciptakan Hand Sanitazer Secara Swadaya
Menghadapi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19, Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta secara swadaya ciptakan hand sanitizer, sejenis anti-septik yang digunakan untuk membunuh kuman dan virus di tangan.

"Penggunaan hand sanitizer dapat mengurangi risiko seseorang terinfeksi COVID-19. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan Anda memilih hand sanitizer dengan kandungan yang tepat dengan kadar etanol 60%-95%, yang efektif mencegah terinfeksinya COVID-19,"kata Prof. Dr. Reni Desmiarti, Guru Besar Teknik Kimia Universitas Bung Hatta.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Teknik Kimia FTI Universitas Bung Hatta telah menunjukkan bahwa alkohol dapat membunuh beragam bakteri dan virus ketika konsentrasinya melebihi 60 persen. Ia bekerja jauh lebih cepat ketika konsentrasinya meningkat.

Sementara itu, kadar etanol dalam larutan hand sanitizer produksi Program Studi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta sebesar 79,97%. Komposisi bahan lainnya dalam larutan hand sanitizer sudah mengikuti formula yang dikeluarkan oleh WHO.

Ketepatan ukuran bahan yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer sudah terjamin karena diproduksi di laboratorium Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dengan menggunakan peralatan yang higienis dan dipantau langsung oleh tim dosen yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Selain menggunakan formula yang dikeluarkan WHO, Program Studi Teknik Kimia memproduksi hand sanitizer dengan menambahkan aloe vera sebagai disinfektan dan melembuhkan kulit, serta menambahkan essensial oil sebagai aromanya.

Dosen FTI Universitas Bung Hatta Ciptakan Disinfection Chamber

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A., menghadiri launching Disinfection Chamber di Kampus Proklamator III, Universitas Bung Hatta (29/3/20).

Dalam kesempatan itu, Prof. Tafdil Husni mengatakan bahwa Universitas Bung Hatta juga telah berhasil memproduksi Disinfection Chamber yang digunakan di Perguruan Ar-Risalah Boarding School Padang. Launching ini merupakan kontribusi dari dosen Fakultas Teknik Industri Universitas Bung Hatta yang bekerja sama dengan PT Kunango Jantan. (**Rio/Humas)

Dilihat 1246 ,Kali

Navigasi

Pilih Bahasa

Sosial Media