Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
FPIK Universitas Bung Hatta Tergabung dalam Program eDuFish 2021
Kamis, 27 Mei 2021 Informasi Kampus

FPIK Universitas Bung Hatta Tergabung dalam Program eDuFish 2021

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Bung Hatta tergabung dalam Program eDuFish 2021. Kegiatan yang diberi tema "Kick-off and Research Training" ini digelar secara daring dengan menggunakan platform Zoom dan disiarkan secara langsung melalui live streaming YouTube Universitas Bung Hatta TV, Kamis (27/5).

Program ini merupakan proyek edukasi berbasis online yang awalnya digagas oleh Seafood Watch (SFW), Destructive Fishing Watch (DFW), dan Conservation Strategy Fund (CSF). Program ini dirancang dengan melibatkan kampus-kampus dengan kekhususan di bidang perikanan dan ilmu kelautan di Sumatera, Sulawesi, dan sebagainya.

Sebagai mitra, FPIK Universitas Bung Hatta bersama lembaga lainnya, seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Environmental and Ocean Sciences Univesity of San Diago, Aquaculture From Seafood Watch, Monterey Bay Aquarium California, A Community Supported Fishery Indonesia, Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi turut berpartisipasi dengan mengutus masing-masing pakar untuk menyajikan materi dalam pertemuan ilmiah tersebut.

Dari pihak internal Kampus Proklamator, kegiatan ini diikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A., Kabid Kerja Sama dan Promosi, Dr. Temmy Thamrin, M.Hum., Dekan FPIK Universitas Bung Hatta, Ir. Arlius, M.S., Ph.D., para dosen, serta mahasiswa.

"Kami sangat senang. Di samping bagi dosen, kegiatan ini juga bermanfaat bagi mahasiswa tingkat akhir, terutama bagi mereka yang sedang menyusun proposal penelitiannya. Pengalaman dan informasi seputar isu-isu mutakhir bisa mereka dapatkan ketika mengikuti program ini,"sebut Dekan FPIK Universitas Bung Hatta, Ir. Arlius, M.S., Ph.D.

Di hadapan para peserta, Dr. Suparno, dosen FPIK Universitas Bung Hatta yang juga merupakan anggota Komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan RI ini berkesempatan mempresentasikan makalahnya dengan judul "Assessment on Coral Reef Health Index in TWP Bunga Laut Strait, Mentawai Islands District".

"Semoga, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, FPIK Universitas Bung Hatta semakin unggul, baik dalam hal akademik, kemitraan, riset, dan inovasi yang dapat mendukung program pemerintah untuk kemajuan teknologi dan pengembangan perekonomian masyarakat,"ungkap Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A. (*rr)