Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
Semarak PKKMB Universitas Bung Hatta 2021
Selasa, 14 September 2021 Informasi Kampus

Semarak PKKMB Universitas Bung Hatta 2021

Untuk menyambut kedatangan para mahasiswa baru, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 digelar dalam tiga hari berturut-turut.

Ketua Panitia Pelaksana PKKMB Universitas Bung Hatta 2021, Suryadimal, mengatakan bahwa PKKMB tahun ini dirancang lebih meriah dari tahun sebelumnya. Dengan mengangkat tema "Mahasiswa Berkarakter Bung Hatta Wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh", para mahasiswa baru Universitas Bung Hatta angkatan 2021 mengikuti serangkaian kegiatan menarik dengan menghadirkan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI), Nadiem Makarim, sebagai pembicara utamanya.

Di samping itu, juga hadir Rektor Universitas Bung Hatta (Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A.), Gubernur Sumatra Barat (H. Mahyeldi Ansharullah, S.P.), putri kandung Moh. Hatta (Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono), Komandan Lantamal II Padang (Laksma TNI Hargianto, S.E., M.M., M. Si., Kepala BNN Prov. Sumbar (Brigjen Pol. Khasril Arifin), Kepala LLDikti Wilayah X (Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A), Praktisi Hukum/Dosen UGM (Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M.), dan Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta (Dr. Hidayat, M.T., IPM).

"PKKMB 2021 dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan live-streaming YouTube Universitas Bung Hatta. Mahasiswa baru Universitas Bung Hatta wajib mengikuti seluruh rangkaian PKKMB hingga selesai dan selalu mencermati informasi yang disampaikan,"imbuh Suryadimal.

Pelaksanaan PKKMB mahasiswa baru 2021 dilaksanakan 13-15 September. Sementara itu, perkuliahan hari pertama bagi seluruh mahasiswa Universitas Bung Hatta dimulai tanggal 20 September 2021. Untuk keseluruhan, perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan secara daring mengingat kondisi saat ini masih pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan PKKMB tahun 2021 ini, di hari pertama tanggal 13 September PKKMB, kegiatan dilaksanakan di tingkat universitas, sedangkan di hari kedua (14/9) kegiatan PKKMB dilaksanakan di tingkat fakultas. Dari ketiga (15/9), PKKMB dilaksanakan tanggal 15 September di tingkat prodi.

Di samping mendengarkan paparan materi dari para narasumber, seluruh mahasiswa baru Universitas Bung Hatta juga dihibur dengan segenap games menarik yang hadiahnya telah dipersiapkan oleh panitia. Mereka, para mahasiswa baru itu, juga diajak mengikuti virtual tour untuk memperkenalkan tiga lokasi yang dimiliki oleh Universitas Bung Hatta, antara lain di Kampus Proklamator I Ulak Karang Padang, Kampus Proklamator II Aia Pacah Padang, dan Kampus Proklamator III Gunung Pangilun Padang.

"Atas nama pimpinan dan Keluarga Besar Universitas Bung Hatta, saya mengucapkan selamat bergabung di Universitas Bung Hatta bagi seluruh mahasiswa baru Universitas Bung Hatta tahun ajaran 2021/2022. Status Saudara sebagai mahasiswa Universitas Bung Hatta telah melekat sebagai insan yang berlandaskan kepada nama baik dengan karakter ke-Bung Hatta-an. Oleh karena itu, mari kita secara bersama-sama membangun sinergitas dalam menjaga nama baik almamater secara moral dan pemikiran untuk membantu pengembangan Universitas Bung Hatta yang kita cintai. Apalagi saat ini, Saudara telah sah berada di perguruan tinggi dengan nama Sang Proklamator Bung Hatta, yang terkenal dengan kesantunan, kedisiplinan, kejujuran dan komitmen luar biasa untuk membangun negeri tercinta,"ungkap Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A.

Lebih lanjut, Prof. Tafdil Husni mengungkapkan bahwa di tahun 2021 ini, Universitas Bung Hatta tetap menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat di Sumatra Barat dan di luar Sumatra Barat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tercatat, lebih dari 2600 pendaftar dan telah dinyatakan lulus di Universitas Bung Hatta.

Dengan demikian, Universitas Bung Hatta adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pasalnya, memasuki usia ke-40 tahun, pada Agustus tahun 2020, Dirjen Dikti Kemendikbud Ristekdikti RI mengumumkan bahwa Universitas Bung Hatta berada di peringkat 83 secara Nasional dari 2000 lebih perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Saat ini, Universitas Bung Hatta memiliki 7 fakultas dengan 6 program studi S2, 24 program studi S1, 2 program studi D4 serta 1 program studi D3 yang bernilai jual tinggi dan sangat. 5 program studi sudah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT), yaitu Program Studi Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Inggris dan Akuntansi. Universitas Bung Hatta akan terus berusaha untuk meningkatkan akreditasi dari B menjadi A untuk 28 program studi lainnya.
Di samping itu Universitas Bung Hatta empat tahun ke depan harus meletakkan skala prioritas bagi prodi-prodi untuk pengakuan penilaian dan akreditasi internasional.

Universitas Bung Hatta memiliki kebijakan akademik yang mengatur tentang pengembangan kurikulum program studi yang mengacu pada Statuta Universitas Bung Hatta. Berdasarkan kebijakan tersebut, program studi di lingkungan Universitas Bung Hatta memperbaharui kurikulum dengan merujuk pada Permen Dikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Kampus Merdeka dan Mereka Belajar yang basis kegiatan perkuliahan tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di perguruan tinggi di luar kampus dan dunia industri.

Penyusunan kurikulum didasarkan pada pencapaian kompetensi (kurikulum berbasis kompetensi) dan capaian pembelajaran lulusan (learning outcomes). Dukungan yang diberikan Universitas Bung Hatta terkait dengan pengembangan kurikulum adalah berupa kebijakan, fasilitas dan pendanaan dalam proses restrukturisasi kurikulum.

Untuk itu, pada tahun akademik 2019/2020 yang lalu sudah mulai diterapkan kurikulum yang beroritasi Era Revolusi Industri 4.0, lalu kurikulum MBKM dan OBE di tahun 2021/2022. Dukungan yang diberikan Universitas Bung Hatta terkait dengan pengembangan kurikulum adalah berupa kebijakan, fasilitas dan pendanaan dalam proses restrukturisasi kurikulum (*rr)