Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
LPPM Universitas Bung Hatta Selenggarakan Seminar Nasional Program Penelitian Kebijakan MBKM dan PkM Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021
Kamis, 30 Desember 2021 Informasi Kampus

LPPM Universitas Bung Hatta Selenggarakan Seminar Nasional Program Penelitian Kebijakan MBKM dan PkM Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021

Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Seminar Nasional Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021 di Bukittinggi, Rabu (29/12). Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni., S.E., MBA.

Dalam kegiatan yang berlangsung setengah hari ini, turut hadir Pakar Manajemen SDM Unand, Prof. Dr. Elfindri dan Prof. Herri., MBA, Kepala LLDikti X . Sementara itu, dua penyaji berikutnya dalam kegiatan tersebut, antara lain Prof. Dr. Reni Desmiarti dan Prof. Dr. Hafrijal Syandri dari Universitas Bung Hatta.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A. menyebutkan bahwa dengan penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa ini diharapkan sinergitas dosen dan mahasiswa dapat meningkat; kualitas riset, publikasi, dan jabatan fungsional dosen, proses dan mutu pendidikan, dan ke depannya bagi mahasiswa dapat dihilirisasi ke bidang kewirausahaan.

"Di samping itu, bagi mahasiswa, softskill dan hardskill di pangsa kerja sangat diutamanakan. Oleh sebab itu, penguasaan keilmuan melalui program merdeka belajar ini menuntut kemampuan softskill dan kognitif,"imbuhnya.

Seminar ini diikuti oleh penerima hibah Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021, mahasiswa, dosen di lingkungan dan di luar Universitas Bung Hatta.

Sebelumnya, delapan dosen berprestasi dari berbagai bidang ilmu di Universitas Bung Hatta melakukan seminar hasil bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta tahun anggaran 2021, Senin (27/12/21).

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid: luring dan daring dengan diikuti oleh Rektor Universitas Bung Hatta; Wakil Rektor I & II; Ketua LPPM dan jajarannya; para dekan yang hadir secara daring; para reviewer: Prof. Dr. Hendra Suherman, M.T. dan Dr. Zaitul, S.E., M.B.A., Ak., CA; enam dosen penerima Hibah Penelitian & PKM MBKM; serta para mahasiswa yang turut bergabung via zoom.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM Universitas Bung Hatta, Dr. Azrita, M. Si. menyebutkan bahwa bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS tahun 2021 ini merupakan program dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi setelah melalui hasil seleksi PTS di seluruh Indonesia.

Dari 3000 lebih PTS di Indonesia, hanya 110 PTS di seluruh Indonesia yang memperoleh dana hibah ini, salah satunya Universitas Bung Hatta. Seleksi PTS penerima bantuan pendanaan ini berdasarkan skor capaian IKU, nilai kinerja penelitian dan nilai kinerja pengabdian kepada masyarakat.

"Alhamdullilah, Universitas Bung Hatta menjadi satu-satunya PTS di Sumatera Barat yang menerima hibah bantuan ini untuk kategori Klaster 3. Untuk Pulau Sumatera, dari 4 PTS yang lolos, Universitas Bung Hatta merupakan salah satunya, selain dari Universitas Internasional Batam, Universitas Abdurrab dan Universitas Bandar Lampung.

Lebih lanjut, imbuh Azrita, sebanyak 8 judul proposal yang lolos seleksi untuk didanai terbagi atas 4 judul penelitian dan 4 judul PKM. Dalam usulan proposal program penelitian dan PKM ini, tenggat waktu yang diberikan oleh Dikti sangat singkat sehingga LPPM hanya diberi waktu 4 hari untuk pengumpulan proposal, yakni 6 sampai 9 Desember.

Dari 10 judul proposal yang masuk, dilakukan proses seleksi proposal berupa seleksi administrasi, seleksi substansi, verifikasi kelayakan, dan penetapan pemenang yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2021. Kemudian, tanggal 11 Desember 2021, LPPM harus menyiapkan dokumen yang terdiri dari 11 dokumen kontrak dan 3 dokumen pengantar, termasuk untuk meng-upload semua proposal yang diusulkan untuk didanai pada sistem http://pkkmdikti.kemdikbud.go.id/p2m. Pada tanggal 12 Desember 2021 dokumen-dokumen tersebut sudah dibawa ke Jakarta (Dikti) oleh Rektor Universitas Bung Hatta sebagai pimpinan institusi.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A., menyampaikan rasa syukur dan bangga atas peraihan hibah yang diperoleh delapan dosen ini.

"Bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian ini Insha Allah akan menjadi program rutin Dikti setiap tahunnya. Untuk itu, kami sangat mengharapkan peran serta Bapak/Ibu dosen untuk membantu LPPM dalam meningkatkan kinerja Penelitian dan Kinerja PKM dengan menyampaikan semua aktivitas dan luaran yang terkait dengan Penelitian dan PKM sehingga tahun depan Universitas Bung Hatta kembali memperoleh Dana Hibah ini dengan diikuti peningkatan klaster,"ungkap Tafdil Husni. (*rr)