Universitas Bung Hatta

Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Bg Universitas Bung Hatta
KKN PPM (T) Universitas Bung Hatta 2022 Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis ESD on SDGs
Sabtu, 02 Juli 2022 Informasi Kampus

KKN PPM (T) Universitas Bung Hatta 2022 Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis ESD on SDGs

Mahasiswa peserta KKN PPM (T) Universitas Bung Hatta 2022 wilayah penempatan Kabupaten Solok mengikuti pembekalan umum, Sabtu (2/7/22). Kegiatan ini diselenggarakan secara langsung di Balairung Caraka Kampus Proklamator I. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator Kabupaten Solok, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan pengelola KKN PPM (T).

Kepada seluruh mahasiswa KKN PPM (T), mahasiswa dibekali pemahaman tentang konsep pemberdayaan masyarakat berbasis education for sustainability development (ESD) on sustainability development goals (SDGs).

Pemberdayaan masyarakat berbasis ESD on SDGs merupakan upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan cara memperkuat potensi nagari atau daerah; mengembangkan sistem perlindungan; dan menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat agar berkembang.

Pemberdayaan masyarakat berbasis ESD on SDGs bertujuan untuk memposisikan masyarakat sebagai pelaku (subjek) pembangunan. Pilihan strategi yang tepat oleh mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat untuk menggali potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam setiap nagari.

"Pemberdayaan masyarakat berbasis ESD merupakan upaya mendorong masyarakat secara konstruktif dan kreatif sehingga mampu menghadapi tantangan global; menciptakan masyarakat yang tangguh dan berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan 17 program pembangunan berkelanjutan yang dirumuskan oleh para pemimpin dunia yang terakumulasi dalam konsep sustainability development goals (SDGs),"kata narasumber sekaligus Ketua Pengelola KKN PPM (T) Universitas Bung Hatta 2022, Yeasy Darmayanti, Ph.D., saat menjelaskan seputar materi KKN PPM (T).

Dalam kegiatan KKN PPM (T) Universitas Bung Hatta 2022, mahasiswa bekerja secara kolaboratif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan. Prinsip pelaksanaan KKN PPM diimplementasikan melalui kolaborasi dosen, mahasiswa, masyarakat/stakeholder untuk proses belajar dan menyelesaikan masalah secara interdisipliner. (*rr)